Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Kosta Rika


image

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki pertandingan kedua fase grup. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka.Satu diantaranya adalah Kosta Rika yang lolos ke Piala Dunia Wanita 2015 dengan status sebagai runner up Piala CONCACAF 2014. Kosta Rika lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Pengantar

Kosta Rika tampil impresif selama Piala CONCACAF 2014. Kemudian lolos ke final setelah mengalahkan Trinindad dan Tobago lewat adu penalti. Dinnia Diaz tampil impresif untuk menahan tiga tendangan penalti dari Trinindad dan Tobago. Kemudian di final, skuad asuhan Amelia Valverde ini harus takluk 6-0 dari Amerika Serikat di final yang jauh diatas dari La Sele Femenina. Atas pencapaian inilah, ranking Kosta Rika di FIFA menanjak menjadi peringkat 37.

image

Skuad Kosta Rika di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Player To Watch

Shirley Cruz

image

Cruz sudah tidak asing lagi untuk skuad Kosta Rika. Pengalamannya di Perancis bersama Paris Saint Germain juga dibutuhkan di La Sele Femenina. Bersama PSG, Cruz membawa klub runner-up Liga Perancis ini menjadi finalis di Liga Champions Wanita sebelum dikalahkan FFC Frankfurt pada masa injury time. Cruz adalah kapten untuk Kost Rika. Ia masuk dalam tiga besar untuk pemain terbaik CONCACAF pada tahun 2013 dan 2014.

Dinia Diaz

CRC-01

Dinia Diaz adalah kiper yang membantu Kosta Rika lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya. Lewat 3 penyelamatannya saat adu penalti kontra Trinidad dan Tobago pada babak semifinal Piala CONCACAF dan lolos ke final untuk bertemu Amerika Serikat. Seperti yang ia tunjukkan saat Piala CONCACAF 2014, ia bisa membuktikan dirinya bahwa ia merupakan salah satu bagian penting dari skuad La Sele Femenina.

Gaya Permainan dan Prediksi

Kosta Rika memiliki segudang talenta, tapi minim saat turnamen Internasional. Amelia Valverde baru ditunjuk sebagai pelatih Kosta Rika pada Januari 2015 saat Garabet Avedissian mundur dari jabatannya tetapi sudah menjadi asisten pelatih sejak 2011. Shirley Cruz yang memulai debut di timnas Kosta Rika sejak 2003 akan memimpin skuad Kosta Rika yang terbilang sangat muda. Kepemimpinan dan ketenangannya juga krusial, juga keunggulannya dalam ball possesion.

[Prediksi starting 4-4-2] Dinia Diaz akan tetap menjadi pilihan utama sebagai kiper bersama Diana Saenz, Fabiola Sanchez, Wendy Acosta dan Lixy Rodriguez sebagai bek. Kosta Rika akan tampil menekan dengan memasukkan Raquel Rodriguez, Maria Barranes, Katrine Alvarado dan Shirley Cruz sebagai jendral lapangan tengah. Kemudian duet Melissa Herrera dan Carolina Venegas akan menjadi ujung tombak skuad La Sele Femenina.

ESP-CRC18

Skuad Kosta Rika merupakan salah satu yang memiliki rataan usia termuda di Piala Dunia Wanita 2015. Melissa Herrera dan Gloriana Villalobos merupakan dua pemain yang bermain di Piala Dunia Wanita U17 dan U20 pada tahun lalu. Lalu siapkah skuad Amelia Valverde menghadapi tekanan dari Brasil dan Korea Selatan pada laga sisa di Grup E? Skuad asuhan Amelia Valverde sukses menahan imbang Spanyol pada laga pertama. Walaupun peluang untuk lolos dari Grup E ini relatif berat bagi Kosta Rika. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s