Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Spanyol


Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki pertandingan kedua fase grup. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka. Satu diantaranya adalah Spanyol yang mencetak sejarah baru dengan lolos Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya. Spanyol lolos ke Piala Dunia Wanita dari Grup 2 pada Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015 zona UEFA.

Pengantar

Selama babak kualfikasi Piala Dunia Wanita zona Eropa, mereka hanya satu kali meraih hasil imbang dari 10 laga saat menghadapi Italia di Grup 2. Spanyol mencetak 42 gol di babak kualifikasi Piala Diunia Wanita. Saat ini, Spanyol berada di ranking 14 FIFA per Maret 2015.

image

Skuad Spanyol di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Ignacio Quereda selaku pelatih timnas Spanyol pernah menjanjikan bahwa pemain yang membawa La Absoluta Femenina (julukan timnas putri Spanyol) lolos ke Piala Dunia Wanita untuk kali pertama juga akan diikutsertakan saat Piala Dunia Wanita 2015, dan itu terbukti, sebagian besar skuad Spanyol di Piala Dunia Wanita 2015 hampir sama dengan saat babak kualifikasi.  Hanya beberapa pendatang baru di skuad Spanyol. Sebagian besar skuad Spanyol berasal dari Barcelona, Atletico Madrid dan Athletic Bilbao yang menjadi penguasa Liga Spanyol musim ini. Barcelona menyumbang sembilan pemain mereka ke skuad Spanyol.

Player to Watch

Vero Boquete

ESP-CRC27

Jika berbicara skuad Spanyol, maka skuad asuhan Quereda tidak akan lepas dari peran Vero Boquete yang membawa FFC Frankfurt juara Liga Champions Wanita sebelum bergabung dengan Bayern Munich musim depan. Vero unggul dalam dribelnya yang akurat. Vero menjadi orang Spanyol pertama yang menjuarai Liga Champions Wanita bersama FFC Frankfurt musim ini. Vero sudah bermain kurang lebih di 11 klub berbeda. Musim depan, sang kapten akan bergabung dengan juara Frauen Bundesliga, FC Bayern Munich.

Sonia Bermudez

ESP-CRC33

Sonia Bermudez juga memiliki peran sentral di lini depan La Absoluta, hal ini dibuktikan dengan menjadi top skor Liga Spanyol selama empat musim beruntun, serta mencetak 10 gol dari 10 laga pada babak kualifikasi Piala Dunia Wanita zona Eropa. Sonia Bermudez telah merasakan tujuh gelar Liga Spanyol di dua klub berbeda. Termasuk empat gelar Liga secara beruntun bersama Barcelona. Sonia juga merupakan pemegang top skorer Liga Spanyol sebanyak empat kali. Striker berusia 30 tahun ini pernah bermain untuk klub NWSL Amerika Serikat, Western New York Flash dan unggul dalam insting mencetak golnya.

Player Who Missed The Tournament

Minusnya, Spanyol tidak diperkuat oleh gelandang terbaiknya Miriam Dieguez yang dicoret dari skuad final untuk Spanyol setelah sempat berjuang melawan cedera ACLnya. Kemudian Quereda juga melupakan Adriana Martin (Levante) yang menjadi top skorer Liga Spanyol bersama Sonia Bermudez dan Mari Paz Villas (Valencia) yang keduanya juga memuncaki perolehan top skorer di Liga Spanyol musim ini. Akan berbeda jika Quereda juga memasukkan nama Adriana Martin dan Mari Paz Villas yang juga menjadi striker tertajam di Liga Spanyol bersama Sonia Bermudez.

Data dan Fakta Tentang Spanyol

– Ignacio Quereda telah menukangi timnas putri Spanyol sejak 1988 silam

– Pelatih kiper Manuel Amieiro sebelumnya bekerja di tim junior Real Madrid dan pernah menangani Iker Casillas saat remaja dulu.

– Celia Jimenez membawa U19 Spanyol menjadi runner up di Piala Eropa U19 tahun lalu di Norwegia. Juga pernah memperkuat Washington Spirit Reserves.

– Spanyol jarang sekali bermain di laga ujicoba, terakhir kontra Irlandia pada 9 April 2015

Gaya Permainan dan Prediksi

Quereda tidak akan pernah terlampau jauh dari formasi lamanya, hanya saja sebaiknya Marta Torrejon lebih bagus sebagai bek sentral dibanding sebagai bek kanan. Adapun duet Virginia dan Silvia Meseguer akan menjadi dua pemain yang pas sebagai gelandang bertahan. Untuk lini depan Sonia memang masih dibutuhkan pengalamannya, hanya bisa juga mencoba bergantian dengan Natalia Pablos. Permasalahannya adalah, Quereda seperti tidak banyak solusi untuk menemukan masalah di skuad Spanyol, terutama dari buruknya penyelesaian akhir La Absoluta Femenina. Bahkan kurangnya laga ujicoba bagi Spanyol juga menjadi faktor kurangnya jam terbang bagi skuad La Absoluta.

[Line up 4–2–3–1]: Ainhoa Tirapu; Celia Jimenez, Marta Torrejon, Ruth Garcia, Melanie Serrano; Virginia, Silvia Meseguer, Vero Boquete, Vicky Losada, Marta Corredera; Sonia Bermudez.

ESP-CRC42

Target Spanyol di Piala Dunia adalah lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, tetapi jika Quereda tidak pernah belajar dari hasil-hasil laga ujicoba sebelumnya tentu akan menjadi target yang sulit. Terutama hasil imbang kontra Kosta Rika pada pertandingan pertama, menghadapi Brasil dan Korea Selatan juga tidak akan mudah bagi skuad La Absoluta Femenina.  [rn]

One thought on “Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Spanyol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s