Quereda: “Saya Tidak Menargetkan Apapun di Piala Dunia”


ESP-CRC21

Dalam waktu kurang dari seminggu, Spanyol akan melakukan debutnya di Piala Dunia di Kanada, tepatnya pada tanggal 9 Juli 2015 menghadapi Kosta Rika. Sebelum melakukan perjalanan ke Kanada, harian MARCA menganalisis isu isu aktual bersama pelatih timnas Spanyol, Ignacio Quereda.

Tanya (T) : Untuk pertama kalinya, timnas putri Spanyol berpartisipasi di Piala Dunia. Apakah kita akan menghadapi momen bersejarah bagi sepakbola Spanyol ?

Jawab (J) : Kami menyadari bahwa sepak bola putri telah melakukan langkah kecil. Setiap saat mereka semalin berkembang. Ada banyak pertandingan antara negara dan antar klub. Ada rekrutan baru berusia muda dan itulah adalah hal yang baik. Masa depan mereka sangat menjanjikan. Di tingkat junior, kami telah bertahun tahun meraih hasil positif dan akhirnya hal itu juga diraih oleh timnas senior.

T : Tim junior sedang meraih kesuksesan, saat ini kehadiran (timnas senior) di Piala Dunia menjadi sebuah lompatan kualitas

J : Kami harus menjalaninya secara bertahap, dengan tenang tetapi langkah langkah yang diambil ini sangatlah matang dan tidak “berjalan mundur”. Timnas putri ini sedang berkembang, baik sebagai individu dan sebagai sebuah tim. Hasilnya akan tiba kapapun. Sekarang tibalah saatnya Piala Dunia di Kanada, kami berharap agar terus melaju pada turnamen ini.

T : Apakah anda berpikir untuk meloloskan tim ini ke Olimpiade?

J : Saya tidak menargetkan apapun. Di Piala Dunia ini, saya tidak menargetkan apapun. Saya pikir ini adalah sebuah pengalaman yang menarik, yang harus dinikmati, yang harus membantu para pemain untuk “bersenang-senang”.

T : Apakah tim ini merasakan tekanan atau tetap tenang ?

J : Tidak ada tekanan. Itulah pekerjaan yang saya lakukan dengan tim ini secara psikologis. Kami sama sekali tidak boleh merasa tertekan. Kesuksesan para pemain ini adalah fakta bahwa mereka berhasil meloloskan timnas putri senior ke Piala Dunia Putri dan itulah adalah kebahagiaan dan kepuasan yang besar. Segala sesuatu yang tiba setelah kelolosan itu akan menjadi sebuah tambahan yang logisnya, harus dilakukan secara sungguh sungguh dan penuh pengorbanan. Target kami telah terpenuhi, yaitu lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dan pastinya kami akan bersaing secara sungguh sungguh untuk melihat seberapa jauh kami langkah kami pada pengalaman pertama ini.
T : Mari kita bicara mengenai lawan lawan anda di babak penyisihan

J : Kami telah menganalisis lawan lawan kami dan mungkin mereka lebih berpengalaman, lebih kompak dan yang paling “matang” adalah Brasil, tetapi kami tidak boleh melupakan Korea Selatan, yang sangat serius, sangat rapi, sangat mengandalkan fisik, dan yang akan sangat tangguh. Kosta Rika adalah tim dengan pengalaman dan latar belakang yang signifikan dalam di Konfederasi Sepakbola Amerika Tengah. Kami akan bersaing. Pertandingan pertama melawan Kosta Rika adalah hal yang sangat penting. Kami akan berusaha meraih hasil positif, karena hal itu akan membantu kami untuk menghadapi pertandingan pertandingan berikutnya.

T : Apakah Korea Selatan dapat menjadi “jebakan”? Mereka sangat tidak dikenal oleh banyak orang.

J : Kami sangatlah mengenal mereka melalui rekaman pertandingan mereka dan kami telah melakukan analisis. Bagi kami, mereka bukanlah sebuah misteri.

T : Hal apakah yang menjadi kunci keberhasilan tim ini?

J : Konsep dan filosofi yang selalu kami ikuti, tim yang sangat menyatu, dengan permainan tiki taka, dan terutama dengan harapan dan keinginan untuk mengatasi kesulitan dan dengan slogan “Sonar en Grande” (Dream Big) . Kami akan terus memimpikan hal hal yang besar. Kita lihat seberapa jauh mimpi kami ini tercapai.

T : Apakah dampak dari adanya pemain yang pindah ke liga-liga non Spanyol ?

J : Ini adalah hal yang sangat positif karena mereka menjadi pemain yang matang dengan lebih cepat dan hal itu memberikan mereka pengalaman dan kompetitivitas yang tidak kami miliki di liga domestik. [wkw]

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s