[PROFIL TIM] 2015 UEFA Women’s Championship – Grup A : Prancis


Kejuaraan sepakbola perempuan usia dini antar negara Eropa kembali dimulai. Kali ini redaksi Women’s Footie Indonesia akan membahas Kejuaraan di bawah usia 20 tahun yang tahun ini bertempat di Israel 15 – 27 Juli 2015. Akan ada delapan negara dalam dua grup yang akan memperebutkan satu sebagai “Ratu Muda” Eropa. Empat semifinalis akan mendapat jatah untuk berlaga di Piala Dunia Wanita U-20 Papua Nugini 2016.

4

Prancis menjadi salah satu diantaranya, lolos sebagai juara Grup 3 Elite Round “Les Bleus” muda tergabung dalam Grup A bersama Israel, Swedia, dan Denmark. Ini adalah keikutsertaan mereka yang kesebelas dalam sejarah Kejuaraan (baik ketika berformat U-18 maupun U-19). Prestasi terbaik mereka adalah menjadi Juara di tahun 2003, 2010, 2013.

Cerita seputar Tim

Sepakbola perempuan di Prancis tengah dalam masa subur, begitu juga dengan usia mudanya. Bahkan PSG dan Lyon menjelma menjadi magnet kekuatan sepakbola wanita Prancis terlebih dominasi mereka di Liga utama D1 Feminin dalam 3 tahun terakhir. Jangan lupa, Montpellier yang menjadi finalis Piala Prancis musim 2015, mereka juga tidak mau kalah dengan dua raksasa Perancis saat ini.

Sebagian dari skuad asuhan Gilles Eyquem ini pernah menjuarai Piala Dunia Wanita U-17 pada tahun 2012 lalu. Pada babak Elite Round bulan April lalu, Prancis sukses mengalahkan Islandia 5-0, Rumania 2-0 dan Rusia 1-0. Perancis mendapat bye dari babak kualifikasi atau langsung memasuki babak Elite Round.

Pemain Andalan : Marie-Charlotte Léger

2261281_w3

Leger merupakan salah satu pemain kunci di lini depan timnas U19 Prancis. Ia merupakan striker yang presisi dan powerful, juga merupakan pemain yang sudah selalu langganan starting XI untuk klubnya, FC Metz. Gol penaltinya ke gawang Rusia membawa Prancis melaju ke putaran final U19 Eropa. Selama Elite Round, Leger mencetak 5 gol dari 196 menit bermain.

Prediksi Formasi dan Gaya Permainan

Berikut daftar pemain yang dibawa Gilles Eyquem untuk melakoni 2015 UEFA Women’s Championship.

1a

Formasi 4-3-3 : Perrault – Carage, E. Cascarino, Greboval, Romanelli – Condon, Garbino, Mateo – Cascarino, Leger, Karchaoui.

Marie Charlotte Leger telah memainkan 37 laga di D1 Feminine Prancis dan mencetak 12 gol di liga untuk FC Metz. Di U19 Eropa, ia telah bermain 14 laga dengan mencetak total 11 gol untuk U19 Prancis.

Prancis tentu tidak ingin mengulang start yang kurang bagus saat menghadapi Rusia. Leger akan menjadi salah satu tumpuan utama Prancis di Israel. Dengan satu grup bersama Denmark, Israel dan Swedia, tentu Prancis akan menjadi unggulan paling atas untuk lolos ke semifinal U19 Eropa tahun ini.


ditulis oleh: Redaksi Women’s Footie Indonesia – berbagai sumber [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s