[PROFIL TIM] 2015 UEFA Women’s Championship – Grup A : Swedia


Kejuaraan sepakbola perempuan usia dini antar negara Eropa kembali dimulai. Kali ini redaksi Women’s Footie Indonesia akan membahas Kejuaraan di bawah usia 20 tahun yang tahun ini bertempat di Israel 15 – 27 Juli 2015. Akan ada delapan negara dalam dua grup yang akan memperebutkan satu sebagai “Ratu Muda” Eropa. Empat semifinalis akan mendapat jatah untuk berlaga di Piala Dunia Wanita U-20 Papua Nugini 2016.

3

Swedia menjadi salah satu diantaranya, lolos sebagai juara Grup 2 Elite Round “Blågult” muda tergabung dalam Grup A bersama Israel, Prancis, dan Denmark. Ini adalah keikutsertaan mereka yang kesembilan dalam sejarah Kejuaraan (baik ketika berformat U-18 maupun U-19). Prestasi terbaik mereka adalah menjadi Juara di tahun 2012. Tahun lalu, Swedia hanya mampu sampai babak fase grup pada putaran final U-19 Eropa.

Cerita seputar Tim

Perjalanan Swedia lolos ke putaran U-19 Eropa memang tidak terlalu sulit. Pada babak Elite Round, anak asuhan Calle Barring ini sukses mengalahkan Serbia 4-2, imbang dari Austria 0-0 dan menang susah payah 2-1 dari Italia. Emelie Anderson menjadi penentu kelolosan Swedia saat mengalahkan Italia, saat itu Ia menjadi super-sub.

Pemain Andalan : Stina Blackstenius

2124277_w2

Mungkin bagi  penikmat Damallsvenskan Swedia tidak asing lagi dengan bakat muda Stina Blackstenius, yang bermain untuk Linkoping FC. Striker berusia 19 tahun ini telah bermain selama 540 menit saat babak Kualifikasi U-19 Eropa dari 6 laga. 14 gol telah Ia lesakkan selama babak kualifikasi U-19 Eropa 2015.

Di Damallsvenskan Swedia, Blackstenius telah 43 kali memperkuat Linkoping dan mencetak 14 gol.

Prediksi Formasi dan Gaya Permainan

Berikut daftar pemain yang dibawa Calle Barrling untuk melakoni 2015 UEFA Women’s Championship.

1a

Formasi 4-4-2 : Haglund – Aronsson, Bjorn, Ekholm, Andersson – Almqvist, Angeldal, Oskarsson, Gothberg, Jansson – Blackstenius, Blomqvist.

Stina Blackstenius akan menjadi tumpuan utama di skuad Swedia. 14 gol selama babak kualifikasi menjadi bukti superioritas striker Linkoping ini. Swedia tentu telah belajar dari lambannya start mereka saat Elite Round jika ingin lolos ke semifinal U19 Eropa. Sayangnya, kiper andalan mereka Zecira Musovic tidak dibawa ke Israel karena komitmennya bersama FC Rosengard, terlebih setelah kiper utama Rosengard, Kathrin Langert dibekap cedera.


ditulis oleh: Redaksi Women’s Footie Indonesia – berbagai sumber [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s