[PROFIL TIM] 2015 UEFA Women’s Championship – Grup B : Inggris


Kejuaraan sepakbola perempuan usia dini antar negara Eropa kembali dimulai. Kali ini redaksi Women’s Footie Indonesia akan membahas Kejuaraan di bawah usia 20 tahun yang tahun ini bertempat di Israel 15 – 27 Juli 2015. Akan ada delapan negara dalam dua grup yang akan memperebutkan satu sebagai “Ratu Muda” Eropa. Empat semifinalis akan mendapat jatah untuk berlaga di Piala Dunia Wanita U-20 Papua Nugini 2016.

5

Inggris menjadi salah satu diantaranya, lolos sebagai juara Grup 4 Elite Round “The Three Lionesses” muda tergabung dalam Grup B bersama Jerman, Spanyol, dan Norwegia. Ini adalah keikutsertaan mereka yang kesebelas dalam sejarah Kejuaraan (baik ketika berformat U-18 maupun U-19). Prestasi terbaik mereka adalah menjadi Juara di tahun 2009.

Cerita seputar Tim

Inggris harus menjalani laga sulit sebelum memastikan satu tempat di laga final, bahkan mereka harus mengulang satu laga lima hari kemudian (dari jadwal) ketika melawan Norwegia. Padahal anak asuh Mo Marley hanya mengulang . . . . . beberapa detik penalti di injury time babak kedua. Dan Leah Williamson berhasil menuntaskan pekerjaan rumah Lionesses muda.

Inggris memaksa Norwegia menjadi runner-up di Grup 3 Elite Round usai menang 3-1 atas Swiss. Kolektivitas permainan mereka sudah teruji dengan baik, belum lagi mental mereka sudah ditempa oleh pelatih bertangan dingin sekelas Marley.

Pemain Andalan : Katie Zelem

1982935_w2

Gelandang lincah Liverpool Ladies FC ini menjadi tumpuan lini tengah Mo Marley sejak beberapa tahun ke belakang. Selain untuk persiapan tim di Israel, Zelem juga menjadi bagian timnasita Inggris U-20 di Piala Dunia Wanita U-20 Kanada 2014 lalu.

Zelem sendiri sudah mencatat 1 gol dan 4 assist dalam 3 pertandingan sebelumnya bersama Inggris U-19 sebelum mencapai satu tempat final di Israel.

Prediksi Formasi dan Gaya Permainan

Berikut daftar pemain yang dibawa Mo Marley untuk melakoni 2015 UEFA Women’s Championship.

1a

Formasi 4-3-3 : Leach; Bartrip, Stewart, Wilson, George; Zelem, Dear, Brett; Walker, Flint, Ayane.

Kehilangan Leah Williamson mungkin sangat berarti bagi lini belakang The Three Lionesses muda, apalagi Leah yang tidak mendapat izin dari klubnya Arsenal adalah salah satu kunci kelolosan Inggris ke babak final ini. Tetap dengan beberapa pemain telah khatam liga utama Inggris, Women’s Super League, bukan tidak mungkin mereka akan sefantastis tim senior di Piala Dunia Wanita Kanada 2015 lalu. Permainan cepat dan keras mungkin akan sedikit diperagakan oleh anak asuh Mo Marley. Inggris memang sedang mencoba mereformasi sepakbola wanita mereka, dan jika timnasita Inggris U-19 dapat mengulang romansa tahun 2009 bukan tidak mungkin sepakbola wanita akan merajai tanah Ratu Elizabeth!


ditulis oleh: Redaksi Women’s Footie Indonesia – berbagai sumber [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s