[PROFIL TIM] 2015 UEFA Women’s Championship – Grup B : Norwegia


Kejuaraan sepakbola perempuan usia dini antar negara Eropa kembali dimulai. Kali ini redaksi Women’s Footie Indonesia akan membahas Kejuaraan di bawah usia 20 tahun yang tahun ini bertempat di Israel 15 – 27 Juli 2015. Akan ada delapan negara dalam dua grup yang akan memperebutkan satu sebagai “Ratu Muda” Eropa. Empat semifinalis akan mendapat jatah untuk berlaga di Piala Dunia Wanita U-20 Papua Nugini 2016.

8

Norwegia menjadi salah satu diantaranya, lolos sebagai runner-up terbaik di seluruh Elite Round (menjadi runner-up dari Grup 4 Elite Round) “Landslaget” muda tergabung dalam Grup B bersama Inggris, Jerman, dan Spanyol. Ini adalah keikutsertaan mereka yang kesepuluh dalam sejarah Kejuaraan (baik ketika berformat U-18 maupun U-19). Prestasi terbaik mereka adalah menjadi runner-up di tahun 2003, 2008, dan 2011.

Cerita seputar Tim

Norwegia sendiri baru berganti tampuk kepemimpinan dari pelatih “sepanjang masa” di tim yunior, Jarl Toske, ke Nils Lexerod. Ia berhasil meracik permainan yang mampu mengejutkan Inggris dan mengalahkan Jerman di La Manga. Sebuah kesempatan menarik bagi tim runner-up terbaik karena sebenarnya mereka bisa saja lolos sebagai juara grup Elite Round.

Norwegia mampu memuncaki klasemen Grup 3 di babak kualifikasi di atas Skotlandia, Polandia dan Albania. Di Elite Round mereka finis di posisi kedua di bawah Inggris dan diatas Swiss serta Irlandia Utara.

Pemain Andalan : Marit B. Lund

2261282_w2

Lund menjadi andalan utama di lini belakang, piawai dalam bola-bola atas dan selalu menjadi kunci dalam skema set-piece Norwegia. Bukan hanya mampu menghalau bola yang datang ke pertahanan melalui skema macam free-kick atau corner-kick, namun Ia juga mampu menghasilkan gol ketika Norwegia memiliki kesempatan tersebut.

Bek kelahiran 7 November 1997 ini sudah membukukan 3 gol dari 6 penampilannya sepanjang kualifikasi menuju Israel.

Prediksi Formasi dan Gaya Permainan

Berikut daftar pemain yang dibawa Nils Lexerod untuk melakoni 2015 UEFA Women’s Championship.

1a

Formasi 4 – 5 – 1 : Fiskerstrand; Hansen, Leine, Lund, Clausen; Saevik, Dekkerhus, Eide Lie, Fridlund; Velta, Hiim.

Maria Hiim yang sejauh ini mencetak 5 gol dari 6 pertandingan tentu akan menjadi tumpuan Norwegia. Permainan spartan yang ditunjukkan kala melawan Inggris walau harus kehilangan dua poin perlu kembali ditujukan di babak final ini, apalagi mereka saling jumpa di Grup B.


ditulis oleh: Redaksi Women’s Footie Indonesia – berbagai sumber [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s