[PROFIL TIM] 2015 UEFA Women’s Championship – Grup B : Spanyol


Kejuaraan sepakbola perempuan usia dini antar negara Eropa kembali dimulai. Kali ini redaksi Women’s Footie Indonesia akan membahas Kejuaraan di bawah usia 20 tahun yang tahun ini bertempat di Israel 15 – 27 Juli 2015. Akan ada delapan negara dalam dua grup yang akan memperebutkan satu sebagai “Ratu Muda” Eropa. Empat semifinalis akan mendapat jatah untuk berlaga di Piala Dunia Wanita U-20 Papua Nugini 2016.

2

Spanyol menjadi salah satu diantaranya, lolos sebagai juara Grup 1 Elite Round “La Rojita” muda tergabung dalam Grup B bersama Inggris, Jerman, dan Norwegia. Ini adalah keikutsertaan mereka yang kesepuluh dalam sejarah Kejuaraan (baik ketika berformat U-18 maupun U-19). Prestasi terbaik mereka adalah menjadi Juara di tahun 2006.

Cerita Seputar Tim

Spanyol merupakan tim paling superior saat babak kualifikasi U19 Eropa. 35 gol mereka lesakkan dan hanya mengalami satu kali kebobolan dimana lini pertahanan La Rojita dikomandoi oleh eks bek Barcelona B, Marta Turmo. Tahun lalu skuad asuhan Jorge Vilda ini menjadi runner up di Norwegia setelah takluk 1-0 dari Belanda lewat gol dari Vivianne Miedema.

Pemain Andalan: Andrea Sanchez

1945126_w2

Andrea Sanchez merupakan striker masa depan Spanyol dan juga klubnya saat ini FC Barcelona. Tahun lalu, Sanchez menjadi top skorer serta pemain terbaik di U17 Eropa walaupun Spanyol harus mengakui keunggulan Jerman lewat adu penalti pada babak final. Tahun lalu, Sanchez juga merupakan bagian dari U17 Spanyol saat menjadi runner up di Piala Dunia Wanita U17.

Prediksi Formasi dan Gaya Permainan

Berikut daftar pemain yang dibawa Jorge Vilda untuk melakoni 2015 UEFA Women’s Championship.

1a

Formasi 4-2-3-1: Canals – N. Garrote, Turmo, Galvez, Soldevilla – P. Garrote, Sandra Hernandez – Nahikari Garcia, Laura Ortega, Alba Redondo – Andrea Sanchez.

Spanyol akan tampil dengan formasi terbaiknya seperti yang mereka peragakan di babak kualifikasi. Sayangnya, absennya Mariona Caldentey yang bersinar bersama Barcelona musim ini menjadi minus utama di lini tengah La Rojita. Musim 2015/16 Marta Turmo, Alba Redondo, Laura Ortega dan Bea Beltran akan menjajal sepakbola college Amerika bersama NJCAA di 3 klub berbeda. Tentu akan menjadi kesempatan berharga bagi 4 pemain tersebut untuk menimba ilmu di Amerika Serikat seperti senior mereka Celia Jimenez yang saat ini bermain di Alabama. Berbeda dengan timnas seniornya yang stagnan, timnas junior U17 dan U19 Spanyol ini selalu menjadi unggulan. Terakhir kali juara U19 Eropa pada tahun 2006. Bahkan pelatih timnas U19 Swedia-pun menjagokan Spanyol untuk menjuarai Piala Eropa U19 tahun ini.


ditulis oleh: Redaksi Women’s Footie Indonesia – berbagai sumber [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s