Nahikari Garcia: Gol Gol Itu Lahir di Zubieta


2266895_w2

Masa depan dan gol adalah 2 kata yang paling mewakili Nahikari Garcia, penyerang Real Sociedad dan salah satu kapten tim nasional (timnas) Spanyol U-19. Kata pertama telah jelas, yaitu usianya yang masih 18 tahun. Pada saat berusia 16 tahun, dia melakukan debutnya di divisi utama. Dalam waktu 2 musim, dia menjadi penghuni tetap starting 11 Real Sociedad.

Kata kedua, yaitu “gol”, lebih terlihat. Pemain Real Sociedad ini telah mencetak 26 gol pada 35 pertandingan dengan timnas. Dia adalah pencetak gol terbanyak timnas Spanyol pada Piala Dunia U-17 di Kosta Rika dengan 5 gol. Dengan gol golnya di babak kualifikasi Piala Eropa u-19, yaitu 7 gol, dia membawa Spanyol ke putaran final.  Pada pertandingan pertama melawan Norwegia, dia mencetak gol pertamanya di turnamen ini. “Target pertama saya adalah untuk membantu tim. Tentu saja saya ingin mencetak lebih banyak gol, tetapi selama tim saya bermain baik saya puas”, kata Nahikari.

Nahi (nama panggilannya), adalah salah satu bagian penting dari skema pelatih Jorge Vilda. “Dia adalah seorang pemain yang sangat kompetitif dan sangat cepat. Dia menggunakan tubuhnya dengan sangat baik dan mampu mencetak gol di sebuah aksi yang ‘paling mustahil’”, kata sang pelatih.

Spanyol melakukan perjalanan ke semifinal dengan sempurna, disertai kemenangan di fase kualifikasi. Pada putaran final, Spanyol hanya mengalami kekalahan, yaitu di fase penyisihan grup, melawan Jerman dengan skor 1-0. “Pada awalnya kekalahan adalah hal yang sangat menyakitkan, terutama jika anda melihat bagaimana pertandingan berjalan. Kami berusaha agar tidak kemasukan gol. Namun, saya pikir kami bermain baik di Piala Eropa, hanya perlu melengkapinya”, kata penyerang Real Sociedad ini.

Meskipun kalah, timnas Spanyol U-19 berhasil lolos ke semifinal dan lolos ke Piala Dunia U-20. Itu adalah 2 target yang tak ternilai. “Itu adalah 2 hal yang membuat saya sangat bahagia. Target pertama kami adalah lolos ke Piala Dunia dan kami telah berhasil. Tetapi kami adalah tim dengan mental juara dan kami menginginkan lebih”, kata pemain bernomor punggung 7 ini.

Pada hari Jumat, Spanyol ditunggu Perancis di semifinal pada pukul 01.30 WIB. Sejauh ini, Nahikari telah memainkan semua pertandingan. “Kami sangat antusias menghadapi pertandingan ini. Semua orang menyukai pertandingan semacam ini. Kami tahu bahwa hal itu tidak akan mudah, tetapi kami akan memberikan segalanya”, katanya dengan bersemangat.

Top Scorer Real Sociedad

2125704_w2

Pada tanggal 5 Januari 2014 , Nahikari melakukan debutnya di divisi pertama, tepatnya saat melawan Levante. Dia bermain selama 90 menit. Sebelumnya, dia bermain di divisi dua, di klub Anorga. Saat berusia 16 tahun, dia bergabung dengan Real Sociedad. “Saya tidak menyangka untuk melakukan debut pada pertandingan itu. Saat itu saya baru beberapa hari berada di klub. Itu adalah hari yang indah dan rekan rekan saya sangat membantu saya”, kenang Nahikari.

Sejak tanggal 5 Januari itulah dia menjadi pemain tak tergantikan bagi Unai Gazpio, pelatih Real Sociedad pada saat itu. Pada musim ini, Nahikari menjadi pencetak gol terbanyak bagi timnya dengan 14 gol. Nahikari telah berkembang di Sociedad dan dia ingin terus berkembang. “Saya selalu mengatakan bahwa saya diperlakukan dengan sangat baik dan saya sangat dijaga. Kita lihat bagimana di masa depan. Tapi untuk saat ini, saya hanya berpikir mengenai Real Sociedad dan berkembang bersama mereka”, katanya.


Wulan Kusuma Wardhani

Sumber : Marca.com

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

Leave a Reply

