PROFIL Frauen Bundesliga 2015/16: Bayern Munich


csm_71007-Gemischtes-Double_2c036eb690

Bayern harus menunggu selama 39 tahun untuk kembali menguasai Frauen Bundesliga. Tepat setelah 1976, Bayern kembali memastikan gelar Frauen Bundesliga mereka dengan catatan 17 kemenangan dan 5 kali seri, serta tidak pernah kalah satu pertandinganpun selama Frauen Bundesliga 2014/15. Musim panas lalu, Bayern melakukan belanja besar setelah banyak pemain mereka yang hengkang seperti dengan mendatangkan Vivianne Miedema, Melanie Leupolz, Mana Iwabuchi dan memulangkan Melanie Behringer. Kepulangan Melanie Behringer dinilai sebagai perekrutan kunci Bayern untuk meraih gelar setelah 2012 lalu mereka sukses merebut gelar DFB Pokal dari tangan FFC Frankfurt. Bayern menjadi tim sepakbola pertama di Jerman yang menggabungkan gelar Bundesliga (pria dan wanita) dalam waktu yang bersamaan.

Catatan Musim 2014/15

56 poin / 22 laga (Peringkat Klasemen: 1)

Menang 17 kali / Seri 5 kali / tidak pernah sekalipun kalah

Produktivitas gol: 56 gol / 7 kebobolan

Skuad Musim 2015/16

Rata-rata usia skuad pemain Bayern Munich adalah 23,70 tahun dengan persentase jumlah pemain asing terbanyak diantara 11 klub Frauen Bundesliga lainnya dengan 55,56%.

fcb

(sumber gambar: framba.de)

Keterangan

Tor: Kiper

Abwehr: Bek

Mittelfeld: Gelandang

Angriff: Penyerang

Transfer Pemain 2015/16

Masuk:
Sara Däbritz (SC Freiburg)
Lisa Evans (Turbine Potsdam)
Veronica Boquete (FFC Frankfurt)
Nicole Rolser (Liverpool Ladies, FA WSL 1)
Fabienne Weber (Bayern Munich II)

Keluar:
Dagny Brynjarsdottir (Selfoss, Islandia)
Katja Schroffenegger (Bayer 04 Leverkusen)

Player to Watch

Mana Iwabuchi

10300791_759136027460744_7121102732902444061_n

Sebenarnya, Mana Iwabuchi nyaris gagal memperkuat Jepang di Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada karena cederanya belum sepenuhnya pulih. Tetapi Iwabuchi selalu siap untuk dimainkan walaupun kondisinya belum 100% pulih. Musim lalu, pemain yang sering disebut sebagai Manadona ini menjadi kunci utama di lini tengah Bayern saat Lena Lotzen belum 100% pulih dari cedera ACLnya. 2013 lalu, Iwabuchi bergabung dengan Hoffenheim dan sukses membawa Die Hoffe promosi ke Frauen Bundesliga. Kemudian setahun kemudian, ia bergabung dengan Bayern.

Vero Boquete

FINALE-28

Vero sejatinya merupakan ikon dari sepakbola perempuan di Spanyol. Lebih dari 10 klub sudah ia singgahi di lintas negara termasuk Bayern. Musim lalu, ia menjadi orang Spanyol pertama yang merasakan gelar Liga Champions Wanita setelah berhasil mengantarkan FFC Frankfurt menjuarai Liga Champions untuk keempat kalinya. Bayern sering kali bermasalah di sektor tengah, dengan didatangkannya Vero dari FFC Frankfurt diharapkan menjadi solusi dari permasalahan skuad asuhan Thomas Woerle khususnya di lini tengah.

Gambaran Musim 2015/16

round22-27

Permasalahan di skuad asuhan Thomas Woerle adalah lebih pada sektor tengah mereka. Terlebih ketika Mana Iwabuchi cedera, performa Bayern pada paruh musim kedua menjadi stagnan. Dalam jumlah penonton, Bayern termasuk memiliki jumlah penonton di Grunwalder yang cukup memprihatinkan bagi klub sekelas Bayern. Marketing juga dilancarkan saat menghadapi Essen pada laga krusial untuk memastikan gelar liga sehingga tercatat 5203 penonton hadir di Grunwalder Stadion.

Untungnya Karin Danner sebagai direktur tim tidak perlu terlalu memutar otak ekstra keras seperti musim lalu untuk membangun skuad Bayern musim ini. Hanya Dagny Brynjarsdottir dan Katja Schroffenegger yang meninggalkan Bayern. Bayern hanya merekrut beberapa pemain untuk menyempurnakan skuadnya seperti Sara Daebritz (SC Freiburg), Vero Boquete (FFC Frankfurt), dan Nicole Rolser (Liverpool) untuk melengkapi kinerja Bayern di lini tengah dan penyerang timnas Skotlandia Lisa Evans dari Turbine Potsdam untuk mempertajam lini depan.

Thomas Woerle biasanya memakai line up 4-2-3-1 tetapi di Valais Cup, Woerle bereksperimen dengan 5-3-2 dengan memasang Vanessa Buerki sebagai bek kiri dari posisi aslinya sebagai penyerang. Bayern sempat dibuat repot oleh Lyon saat babak pertama Final Valais Cup sebelum menaklukkan Lyon dengan skor 3-1. Dimana Vivianne Miedema dan Mana Iwabuchi menjadi kuncinya.

Catatan untuk Melanie Leupolz, ia lebih spesifik di posisi #10 dibanding posisi #6 alias gelandang bertahan. Inilah kesalahan fatal yang dilakukan oleh Silvia Neid dalam memainkan Melanie Leupolz terutama saat Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada. Leupolz mau tidak mau harus mengembalikan kepercayaan dirinya untuk kembali ke performa terbaiknya.

bayern

Melihat komposisi skuad Bayern saat ini terutama akan menghadapi Liga Champions sebagai agenda baru mereka, rasanya Thomas Woerle harus mulai berpikir untuk membuat plan B di skuad Bayern. Terutama di lini tengah, komposisi pemainnya juga semakin bervariasi dan tidak perlu terlalu bergantung dengan Mana Iwabuchi. Katharina Baunach juga baru akan kembali diawal musim ini setelah harus absen hingga akhir musim 2-14/15 karena cedera meniskus. Satu pertanyaan saja, apakah Laura Feiersinger akan mendapatkan kesempatan bermain musim ini? Ya, setelah banyak pemain di posisi yang sama didatangkan oleh Bayern.

Pekerjaan rumah juga ada di bagian marketing Bayern Frauen. Jika serius ingin menjadi salah satu klub terbaik Eropa, mereka harus bekerja keras untuk mempromosikan laga Bayern Frauen sehingga jumlah penonton di Grunwalder bisa jauh lebih meningkat daripada musim lalu. Jadi, sanggupkah Bayern mempertahankan gelar dan berbicara banyak di kompetisi Eropa?[rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s