Profil Frauen Bundesliga 2015/16: Turbine Potsdam


anonma

Turbine Potsdam bertekad untuk bangkit setelah dua musim beruntun mengalami keterpurukan. Bahkan untuk kedua kalinya secara beruntun, Potsdam harus merelakan posisinya di Liga Champions untuk FFC Frankfurt, Bayern Munich dan VfL Wolfsburg. Musim lalu, Potsdam menjadi runner up DFB Pokal setelah takluk dari Wolfsburg. Memang DFB Pokal sejatinya juga tidak pernah ramah bagi kubu Potsdam. Sejumlah perombakan dilakukan oleh Potsdam demi kembali ke tangga juara, apa sajakah itu?

Catatan Musim 2014/15

48 poin / 22 laga (Peringkat Klasemen: 4)

Menang 15 kali / Seri 3 kali / Kalah 4 kali

Produktivitas gol: 52 gol / 24 kebobolan

Skuad 2015/16

Rataan usia di skuad Turbine Potsdam adalah 22,79 tahun, dengan presentase komposisi pemain asing sebanyak 41,67 persen.

TEPE

(sumber gambar: framba.de)

Keterangan

Tor: Kiper

Abwehr: Bek

Mittelfeld: Gelandang

Angriff: Penyerang

Transfer Pemain 2015/16

Masuk:
Svenja Huth (FFC Frankfurt)
Patricia Hanebeck (SC Sand)
Bianca Schmidt (FFC Frankfurt)
Lisa Schmitz (Bayer 04 Leverkusen)
Ilaria Mauro (SC Sand)
Elise Kellond-Knight (Brisbane Roar)
Jolanta Siwinska (FC Lübars)
Viktoria Schwalm (Turbine Potsdam II)
Marina Makanza (Montpellier HSC)
Allison Scurich (SC Sand)

Keluar:
Genoveva Anonma (Portland Thorns, NWSL AS)
Lisa Evans (Bayern München)
Kathleen Deines (pensiun)
Ingrid Wells (pensiun)
Rachel Mercik (?)
Anna Sarholz (SV Babelsberg 03)
Natasa Andonova (FC Rosengard, Damallsvenskan Swedia)
Jennifer Zietz (pensiun)
Pauline Bremer (Olympique Lyon)
Nina Frausing Pedersen (Fortuna Hjörring, 3Fliga Denmark)
Isabella Möller (FFC Frankfurt)

Who’s Missed?

Pauline Bremer

pauli

Bremer menandatangani kontrak dengan Turbine Potsdam pada 2012 lalu. Ia disebut sebagai salah satu pemain muda terbaik di Jerman terlebih saat membawa U20 Jerman juara dunia di Kanada pada tahun lalu dan juga meraih silver boot dengan 5 gol. Bremer musim ini memilih menandatangani kontrak dengan Lyon selama dua tahun. Sebuah kesempatan besar bagi Bremer, terlebih ia akan reuni dengan Ada Hegerberg yang sudah lebih dulu bergabung pada musim panas lalu. Selain itu Bremer baru saja menyelesaikan abiturnya (setingkat SMA) tahun ini, sehingga merupakan waktu yang tepat baginya untuk hengkang.

Genoveva Anonma

ayo

Anonma rasanya sudah tidak asing lagi untuk sepakbola wanita Jerman. Ia mengawali petualangannya di Jerman bersama FF USV Jena kemudian bergabung dengan Turbine Potsdam pada tahun 2012. Anonma adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Potsdam lewat insting mencetak golnya yang bagus. Dari 79 laga bersama Turbine Potsdam, Anonma mengoleksi 60 gol. Musim panas ini, pemain yang akrab disapa Ayo ini memilih bergabung dengan klub National Women Soccer League (NWSL), Portland Thorns.

Player To Watch

Bianca Schmidt

csm_72062-Bianca_Schmidt2_1ecbe45aeb

Musim panas ini, Schmidt memilih pulang kerumah bersama Turbine Potsdam setelah hampir tiga musim merantau di FFC Frankfurt. Beruntunglah Schroeder bisa membawa pulang Schmidt karena kecepatannya juga sangat diperlukan untuk kembali ke tangga juara. Schmidt sempat tersingkir dari timnas Jerman karena Silvia Neid jauh lebih memilih Leonie Maier, mungkin inilah faktor utama bagi Schmidt untuk memilih pulang ke Turbine Potsdam. Schmidt sejatinya juga bisa bermain sebagai pemain tengah disamping sebagai bek kanan. Kepulangan Schmidt ke Potsdam membawa asa baru bagi skuad asuhan Bernd Schroeder untuk menatap kembali tangga juara yang selama ini hilang.

Elise Kellond-Knight

kellond-knight_0

Gelandang timnas Australia ini masuk sebagai All Star Teams di Piala Dunia Wanita 2015. Sempat membela Brisbane Roar sejak 2008 hingga 2014, musim panas ini Knight bergabung dengan Turbine Potsdam. Dari 61 laga bersama timnas Australia, Knight membukukan satu gol. Tahun 2009, Knight dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di W-League bersama Ellyse Perry yang saat ini lebih eksis di dunia Kriket.

Prediksi 2015/16

B2laXiCCAAAnATH.jpg large

Turbine Potsdam melakukan belanja besar pada jendela bursa transfer musim panas ini, Lisa Schmitz didatangkan dari Bayer Leverkusen untuk memback-up kiper timnas Tiongkok Wang Fei. Kemudian Jolanta Siwinska (FC Lubars) plus kepulangan Bianca Schmidt dari FFC Frankfurt untuk memperkuat lini belakang. Serta kembalinya Marina Makanza ke Frauen Bundesliga dari Montpellier. Makanza sempat membela SC Freiburg dari 2010-2013. Yang paling penting adalah transfer Elise Kellond-Knight pasca Piala Dunia Wanita 2015 dan juga Ilaria Mauro yang dibajak dari SC Sand. Hal yang menarik adalah Potsdam juga sukses membajak Svenja Huth dari klub rival FFC Frankfurt.

Melawan Bayern pada hari Jumat malam (23.00 WIB di DFB TV), Potsdam dituntut setidaknya bisa membajak paling tidak satu poin dari Grunwalder Stadion. Dilihat dari komposisi skuad, secara keseluruhan sudah jauh lebih sempurna. Meskipun harus kehilangan Natasa Andonova yang memilih hijrah ke klub juara Swedia FC Rosengard, Lisa Evans yang bergabung dengan Bayern, Anonma dan Pauline Bremer sebagai pemain kunci mereka. Saya menilai bahwa Huth, Makanza dan Mauro merupakan satu paket yang sepadan untuk menggantikan Andonova, Anonma dan Bremer.

line up
Prediksi line up Turbine Potsdam

Kecepatan Bianca Schmidt sebagai bek kanan menjadi sebuah keuntungan bagi Turbine Potsdam serta masuknya Elise Kellond-Knight di sektor tengah. Jika bisa mengalahkan Bayern yang tidak terkalahkan di Bundesliga musim lalu, bukan mustahil bagi Turbine Potsdam untuk menatap setidaknya kembali ke Liga Champions. Untuk kembali ke tangga juara juga bukan sebuah kemustahilan bagi skuad asuhan Bernd Schroeder.[rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s