Profil Frauen Bundesliga 2015/16: VfL Wolfsburg


CNc5joHUAAAyWgk.jpg large

Setelah mendominasi tanah sepakbola perempuan Jerman dan Eropa selama dua tahun lamanya, Wolfsburg harus merelakan gelar Bundesliga dan Liga Champions dari genggaman mereka. Pada laga terakhir kontra FFC Frankfurt, Wolfsburg dipaksa bermain imbang 1-1 di Brentanobad sehingga Bayern yang menang 2-0 dari Essen menjadi jawara Bundesliga musim 2014/15. Tak hanya itu, Wolfsburg juga terhenti langkahnya di semifinal Liga Champions setelah takluk dari PSG secara agregat. Meskipun gagal mempertahankan dua gelar tersebut, Wolfsburg masih bisa meraih gelar DFB Pokal setelah mengalahkan Turbine Potsdam di final. Menyambut musim 2015/16, Wolfsburg melakukan belanja besar demi merebut kejayaan dua tahun silam. Seperti apa langkah yang dilakukan oleh Ralf Kellermann?

Catatan Musim 2014/15

55 poin / 22 laga (Peringkat Klasemen: 2)

Menang 17 kali / Seri 4 kali / Kalah 1 kali

Produktivitas gol: 67 gol / 4 kebobolan

Skuad 2015/16

Rata-rata usia pemain di Wolfsburg adalah 24,27 tahun dengan persentase pemain asing sebanyak 24,27 tahun.

WOB sheet

(sumber gambar: framba.de)

Keterangan

Tor: Kiper

Abwehr: Bek

Mittelfeld: Gelandang

Angriff: Penyerang

Transfer 2015/16

Masuk:
Synne Jensen (Kolbotn IL, Toppserien Norwegia)
Elise Bussaglia (Olympique Lyon)
Lara Dickenmann (Olympique Lyon)
Tessa Wullaert (Standard Liege, Belgia)
Ewa Pajor (Medyk Konin, Polandia)
Michaela Brandenburg (VfL Wolfsburg II)
Ramona Bachmann (FC Rosengard, SWE)

Keluar:
Martina Müller (pensiun)
Selina Wagner (SC Freiburg)
Jovana Damnjanovic (SC Sand)
Laura Vetterlein (SC Sand)
Lina Magull (SC Freiburg) *
Viola Odebrecht (pensiun)
Yuki Ogimi (FFC Frankfurt)

NB: Lina Magull ke SC Freiburg dengan status pinjaman

Who’s Missed?

Martina Mueller

2109590_w2

La Martina (julukan Martina Mueller) mengawali langkahnya bersama Wolfsburg dari nol. Saat itu Mueller bergabung dengan Wolfsburg pada tahun 2005, dimana saat itu Wolfsburg baru saja promosi dari 2. Frauen Bundesliga. Delapan tahun berjalan, Martina Mueller melalui gol penaltinya membawa Wolfsburg mengakhiri dominasi Lyon di Liga Champions pada tahun 2013 dan memastikan Wolfsburg meraih treble winners. Satu tahun berselang, Mueller kembali menjadi penentu kemenangan Wolfsburg di final Liga Champions saat mengalahkan Tyreso dengan skor dramatis 4-3 pada final yang digelar di Lisbon tahun 2014 lalu. Bagi fans Wolfsburg, Martina Mueller adalah lebih dari legenda hidup untuk Die Wolfinnen.

Who to Watch?

Ramona Bachmann

028305328

Setelah banyak isu bermunculan soal bintang timnas Swiss ini, akhirnya Wolfsburg meresmikan transfer Ramona Bachmann dari FC Rosengard. Bachmann sebelumnya pernah menolak tawaran dari beberapa klub Jerman demi bermain di Umea IK saat usianya masih 17 tahun. Soal kepindahan Bachmann, Wolfsburg harus mengeluarkan dana yang cukup besar demi mendatangkannya dan bisa dibilang transfer Ramona Bachmann ini adalah yang paling mahal yang pernah dilakukan Wolfsburg setelah sebelumnya mereka membayar biaya transfer dari Nilla Fischer (2013) dan Anna Blaesse (2007). Bachmann memiliki keunggulan dari skill individualnya, tentu masih ingat aksinya saat Piala Dunia Wanita 2015 saat menghadapi Jepang. Ralf Kellermann ternyata juga sudah menginginkan Ramona Bachmann sejak dua tahun silam sebelum akhirnya terealisasi musim panas ini.

Babett Peter

csm_66176-peter_getty_1a24859037

Wolfsburg musim lalu hanya kebobolan empat gol dari Frauen Bundesliga, maka Die Wolfinnen harus berterima kasih kepada peran sentral Babett Peter. Sebelumnya pemain yang akrab disapa Babs ini bermain di posisi bek kiri sebelum akhirnya ia diposisikan sebagai bek tengah saat bergabung dengan Wolfsburg musim panas lalu. Sayangnya di timnas Jerman, Babett Peter juga kalah saing dengan Tabea Kemme dan juga Annike Krahn yang lebih dipercaya oleh Silvia Neid untuk mengisi starting line-up.

Gambaran Musim 2015/16

DFB Pokal Finale-34

Wolfsburg nampaknya terlihat jor-joran dalam bursa transfer musim ini, terlebih setelah kehilangan gelar Liga Champions dan Frauen Bundesliga. Sejumlah nama beken mulai mereka datangkan seperti Synne Jensen (Kolbotn), salah satu pemain terbaik di U17 Euro 2013 Ewa Pajor (Medyk Konin) yang membela timnas Polandia, Tessa Wullaert yang bersinar bersama Standard Liege, duo Olympique Lyon Lara Dickenmann dan Elise Bussaglia dan terakhir adalah Ramona Bachmann. Wolfsburg juga mempromosikan pemain dari tim cadangan mereka, Michaela Brandenburg yang saat ini membela timnas U19 Jerman.

Yang paling disorot sebenarnya adalah transfer Ewa Pajor dan Synne Jensen yang usianya masih belia. Bukan karena apa-apa, tetapi hal ini bisa merusak kualitas Frauen Bundesliga dan khususnya dalam pengembangan usia muda untuk timnas Jerman di masa mendatang. Kemudian Yuki Ogimi dilepas ke FFC Frankfurt demi mendatangkan Ramona Bachmann dari FC Rosengard. Lalu Martina Mueller dan Viola Odebrecht memutuskan untuk gantung sepatu.

Wolfsburg sebenarnya telah kehilangan sosok pemimpin lapangan seperti Nadine Kessler yang belum juga bisa dipastikan kapan ia bisa kembali setelah masalah cedera terus menghantuinya. Kabar baiknya adalah dengan kembalinya Luisa Wensing setelah absen sejak Maret lalu karena cedera pada kaki kirinya yang ia dapat saat Algarve Cup 2015 dan berakibat harus absen di Piala Dunia Wanita 2015 bersama timnas Jerman.

Disaat Alexandra Popp masih harus absen karena cederanya, Tessa Wullaert, Ewa Pajor dan Synne Jensen bisa menjadi plan B dari Ralf Kellermann. Kemudian dengan cederanya Nadine Kessler, Elise Bussaglia, Vanessa Bernauer dan Julia Simic bisa menjadi alternatif lain untuk mendampingi Lena Goessling sebagai gelandang bertahan.

Lini pertahanan masih akan eksis dengan peran Verena Faisst dan Luisa Wensing sebagai bek sayap, kemudian Noelle Maritz bisa menjadi back-up dari mereka. Kemudian bek tengah tetap menjadi milik Nilla Fischer dan Babett Peter. Sementara posisi kiper masih akan dipercayakan kepada Almuth Schult. Ramona Bachmann dipasang sebagai second striker, sementara Lara Dickenmann dan Caroline Graham Hansen akan berada disamping Bachmann.

WOB sheet 1
Prediksi Line Up VfL Wolfsburg

Dengan komposisi skuad bintang lima ala VfL Wolfsburg, mampukah skuad racikan Ralf Kellermann kembali berada di tangga juara Bundesliga dan kembali menjadi ratu Eropa? Tetapi, dengan masih absennya seorang Nadine Kessler, Wolfsburg masih belum bisa move on dari kapten mereka. Seharusnya dengan transfer besar-besaran Wolfsburg ini bisa membuat skuad Ralf Kellermann lebih dominan di Bundesliga. Namun, Frauen Bundesliga akan selalu keras persaingan di setiap musimnya.[rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s