PROFIL Frauen Bundesliga 2015/16: FC Koeln


koeln

Setelah dua musim beruntun selalu nyaris promosi ke divisi utama, kini waktu Koeln untuk promosi telah tiba. Koeln tampil fantastis selama musim 2. Frauen Bundesliga Sud 2014/15, mereka mencatatkan 20 kali kemenangan, dua hasil seri dan tidak pernah sekalipun menderita kekalahan. Modal inilah yang membuat skuad asuhan Willi Breuer ini mendeklarasikan diri sebagai juara 2. Frauen Bundesliga Sud sekaligus promosi ke divisi utama Frauen Bundesliga. Hal ini membuat tim-tim besar seperti Frankfurt, Bayern, Wolfsburg dan Potsdam harus mewaspadai peta kekuatan Koeln.

Catatan Musim 2014/15

62 poin / 22 laga (Peringkat Klasemen: 1 – 2. Frauen Bundesliga bagian selatan)

Menang 20 kali – Seri 2 kali – tanpa satu kalipun kalah

Produktivitas Gol: 67 gol, 14 kebobolan

Skuad Lengkap Musim 2015/16

Rataan usia skuad FC Koeln musim ini adalah 22,75 tahun dengan persentase jumlah pemain asing sebesar 20,83%. Willi Breuer mengkombinasikan pemain berpengalaman seperti Rachel Rinast dan Lise Munk sebagai mesin gol dan juga talenta muda seperti Nina Ehegoetz dan Anna Gerhardt.

koeln squad

(sumber gambar: framba.de)

Keterangan

Tor: Kiper

Abwehr: Bek

Mittelfeld: Gelandang

Angriff: Penyerang

Transfer Pemain 2015/16

Masuk:
Nina Ehegötz (FSV Gütersloh 2009)
Christina Julien (FF USV Jena)
Laura Giuliani (Herforder SV)
Virginia Kirchberger (MSV Duisburg)
Theresa Gosch (VFL Bochum)

Keluar:
Bianca Rech (asisten pelatih FC Koeln)
Stina Lykke Petersen (kembali ke Denmark)
Romina Frommont (Borussia M’Gladbach)
Nina Windmüller (pensiun)

Who’s Missed?

Stina Petersen

1975070_w2

Nama Petersen mulai bersinar saat penampilan cemerlangnya di Euro 2013 bersama timnas Denmark. Kegemilangan dari Petersen inilah yang membuat dirinya singgah di Duisburg pada musim 2013/14 dan musim lalu bergabung dengan FC Koeln. Petersen membawa Koeln promosi ke divisi utama Frauen Bundesliga dengan hanya menerima 14 kali kebobolan dari 22 laga di 2. Frauen Bundesliga Sud. Sayangnya, Petersen tak memperpanjang kontraknya lagi dan memutuskan pulang kampung ke Denmark.

Who to Watch?

Lise Munk

lise

Kepindahannya dari FFC Frankfurt musim lalu dirasa merupakan sebuah keputusan yang tepat. Dari 22 laga bersama Koeln, striker kelahiran Denmark ini mencetak 27 gol untuk mengantarkan Koeln promosi ke divisi utama Frauen Bundesliga. Adapun di timnas Denmark, Munk sudah tampil sebanyak 28 kali dengan mencetak 5 gol. Munk juga sempat absen selama dua tahun di timnas Denmark sebelum dipanggil kembali pada Januari 2015 oleh pelatih Denmark saat ini, Nils Nielsen.

Rachel Rinast

SUI-03

Awalnya orang tidak banyak tahun tentang sosok Rachel Rinast. Lahir di Bad Segerberg, Jerman, namun Rinast lebih memilih memperkuat timnas Swiss yang lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya dan sukses mencapai babak 16 besar, sebelum dikalahkan oleh tuan rumah Kanada. Ibunya berasal dari St. Gallen dan hal inilah yang membuat Martina Voss-Tecklenburg memanggil dirinya ke timnas Swiss. Rinast memiliki caps di timnas Swiss sebanyak 10 kali dan baru dipanggil ke skuad Swiss pada Algarve Cup 2015.

Bek berusia 24 tahun ini pernah bermain di Koeln dari tahun 2010 hingga 2012, kemudian kembali lagi pada tahun 2013 setelah menghabiskan musim 2012/13 bersama SC 07 Bad Neuenahr. Uniknya, Rachel Rinast juga merupakan seorang penyanyi dan pada 2014 ia menjadi vokalis tamu untuk lagu yang berjudul Grau oleh rapper asal Jerman, DANGA. Rinast juga memiliki darah Yahudi dari keluarganya dan pernah berpartisipasi di Maccabiah Games 2013 mewakili Jerman. Berkat penampilannya di Piala Dunia Wanita 2015 bersama Swiss, Rinast juga menjelma menjadi salah satu aset berharga di lini belakang FC Koeln.

Gambaran Musim 2015/16

csm_60138-1.fc_koeln_frauen_jubel_imago_77b095cef7

Mitos pertama yang keluar jika sudah berbicara soal tim promosi adalah tim tersebut akan menjadi tim pertama yang terdegradasi. Musim ini akan sangat berbeda, terutama Koeln sangat impresif di 2. Frauen Bundesliga Sud. Koeln akan menjadi sebuah kehormatan baru di Frauen Bundesliga terlepas dari penampilan impresifnya musim lalu di 2. Frauen Bundesliga Sud. Yang pasti Koeln percaya diri untuk menatap musim baru Frauen Bundesliga dan siap melanjutkan penampilan impresifnya sejak di 2. Frauen Bundesliga Sud.

Koeln didukung oleh skuad yang mumpuni terlepas dari hengkangnya bintang timnas Denmark, Stina Petersen dibawah mistar gawang. Rachel Rinast tetap akan menjadi jenderal di lini belakang Koeln. Kemudian Lise Munk siap menjebol gawang lawan dibantu oleh striker masa depan Jerman, Nina Ehegoetz atau Mandana Knopf sebagai tandem dan Christina Julien bisa menjadi back-up di lini depan skuad Koeln.

line up koeln
Prediksi Line Up FC Koeln

Seperti Essen, Koeln diprediksi bisa menjadi kuda hitam di Frauen Bundesliga musim ini. Koeln harus meningkatkan performa mereka dari sejak mereka di divisi kedua karena 80 persen dari efisiensi tersebut tak akan cukup untuk meraih tiga poin penuh. Mengantisipasi kegagalan seperti tim promosi pada umumnya, Breuer sudah tahu persis apa yang harus ia lakukan. Ia juga cukup pengalaman, karena Breuer pernah menangani Lukas Podolski saat masih di tim C dari FC Koeln. Jika bisa terus konsisten sejak promosi dari divisi kedua, peringkat ke-5 di akhir musim 2015/16 bisa diraih, atau bukan tidak mungkin juga Koeln bisa finis di 4 besar Frauen Bundesliga.[rn]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s