Sepuluh Kunci Dari Tim Putri Barcelona Baru


FOTO_OFICIAL_PLANTILLA_FEMEN_.v1438944581

Berlatih di siang hari, memiliki pusat kebugaran yang buka 24 jam, mendapatkan pakaian yang telah dicuci, disetrika, dan siap digunakan untuk berlatih, mengambil sebotol air dari kulkas selama latihan, memiliki ruang ganti ber- AC , dan dapat melakukan makan pagi dan bahkan makan siang di fasilitas latihan klub berdasarkan menu yang disiapkan oleh ahli gizi. Baarcelona adalah tim yang bermain di kompetisi liga, Piala Ratu , dan Liga Champions, tetapi sebelum berstatus profesional, semua fasilitas tersebut hanyalah mimpi bagi para pemain.

Sejak 3 Agustus, ketika awal pramusim bergulir, Barcelona femeni berlatih dengan status profesional yang dijanjikan oleh presiden klub, Josep Maria Bartomeu, pada hari pelantikannya sebagai presiden. Para pesepakbola perempuan menikmati manfaat menjadi tim profesional. Manfaat ini tidak hanya terlihat dalam kontrak, gaji dan bonus (sebelumnya, mereka tidak menerima bonus, melainkan hadiah), namun juga dari hari ke hari. Segala sesuatu dilakukan untuk membuat tim ini menjadi salah satu yang terbaik di Eropa.

  1. Latihan Pada Pagi Hari

Sebelumnya, para pemain harus “berjuang” untuk membagi waktu antara studi di universitas dan berlatih. Dulu, latihan diadakan siang hari dan berakhir malam hari. Hal itu menyebabkan mereka kurang istirahat dan kelelahan. Sekarang, mereka memiliki lapangan latihan sendiri yang memungkinkan mereka untuk berlatih pada pagi hari hingga siang hari (pukul 8.30-13.00).

2. Pengawasan Terhadap Pola Makan

Sekarang, ahli gizi yang bertugas menangani tim sepakbola laki laki juga menangani tim perempuan. Mereka bertanggung jawab merancang menu makan pagi dan makan siang para pemain. Jadi, semua pola makan dikontrol. Hal ini memungkinkan ahli gizi melakukan kontrol terhadap pola makan.

3. Pakaian Yang Siap Dipakai

Hal lain yang paling diapresiasi oleh pemain adalah menemukan pakaian latihan yang telah dicuci dan disetrika. Ini adalah sebuah kemewahan , mengingat bahwa sebelumnya, mereka harus membawa pulang pakaian mereka. Sekarang ada layanan laundry yang mengurus hal ini.

4. Air Dingin Di Sesi Latihan

Hal ini mungkin nampak sepele, tetapi dengan tersedianya air dingin di sesi latihan, tanpa harus membawanya dari rumah, juga merupakan “sebuah kemewahan” bagi para pemain.

5. Ruang Pertemuan dan Pusat Kebugaran

Para pemain memiliki ruang kebugaran baru untuk berlatih kapapun. Selain itu, ada sebuah ruang pertemuan dimana pelatih bertemu untuk merencanakan latihan dari hari ke hari dengan para pemain untuk berdiskusi dan menonton video.

6. Teknologi GPS

Para pemain menggunakan GPS dalam sesi latihan untuk mengetahui gerakan mereka dan menganalisis performa mereka. Ini adalah teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh tim putra. Semua data ini diperlukan untuk mencegah cedera dan mendapatkan performa tertinggi dari masing-masing pemain.

7. Staf Kepelatihan yang Lebih Banyak

Jumlah staf kepelatihan telah meningkat, dari 2 menjadi 5 orang. Selain pelatih kepala, Xavi Llorens, ada nama Jordi Ventura (asisten pelatih), Oriol Casares (pelatih kiper), Berta Carles (pelatih fisik) dan Judith Valencia (fisioterapis).

8. Scouting di seluruh dunia

“Rencananya adalah berkembang dalam jangka waktu 2 atau 3 tahun, dapat memiliki pemain top, yang berada di antara yanga terbaik di dunia”. Itu adalah kata kata Xavi Llorens pada hari perkenalan tim ini. Untuk itu, klub ini menugaskan pemandu bakat yang tersebar di seluruh dunia untuk memantau pemain yang mungkin dapat direkrut oleh tim ini.

9. Kenaikan Gaji dan Bonus

Gaji pemain meningkat karena “saat ini mereka dituntut lebih dari sebelumnya”, kata sang pelatih. Meskipun kenaikan gaji itu masih jauh dari yang dibayarkan oleh klub klub besar Eropa seperti PSG, Olympique, Wolfsburg atau Frankfurt, Barcelona telah menerapkan kenaikan gaji. Para pemain juga mendapatkan bonus, bukan “hadiah berupa cek” seperti yang diberikan sebelumnya.

10. Tidak Lagi Menggunakan “Barak Sementara”

Akhirnya, para pemain tidak akan lagi menggunakan “barak sementara” yang dipasang di pinggir lapangan. Mereka akan memiliki ruang ganti dilengkapi dengan pendingin ruangan.


Oleh: Wulan Kusuma Wardhani

Sumber : MundoDeportivo.com

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

3 thoughts on “Sepuluh Kunci Dari Tim Putri Barcelona Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s