Ilham El Kerche, Si Pemberani yang Terinspirasi Oleh Ronaldinho


1448270548_extras_noticia_foton_7_1

Ilham adalah nama Arab yang berarti “inspirasi”. Dalam kasus Ilham El Kerche, pemain klub Collerense, dia menemukan antusiasme di sepakbola, meskipun “terlambat bermain”. “(Saya bermain) pada usia 17 tahun! Sebelumnya, orang tua saya selalu menentang karena mereka menginginkan saya untuk fokus pada studi tetapi akhirnya saya berhasil membuat mereka menerima”, katanya.

Ilham El Kerche lahir di Mallorca, tetapi darah Maroko mengalir dalam dirinya. Orang tuanya, Asma dan Cherif, berasal dari sebuah kota bernama Tetouan. Mereka bermigrasi ke Spanyol hampir tiga dekade lalu dan memiliki 2 anak perempuan. Siham, yang bermain bola tangan, adalah kakak Ilham. “Kami tidak kehilangan ‘akar’. Di rumah, kami berbicara bahasa Arab dan setiap hari Jumat, kami makan couscous (makanan tradisional Maroko yang terbuat dari gandum) “, katanya.

Sebagai seorang muslim, Ilham tidak melewatkan pemberitaan mengenai serangan teroris di Paris yang terjadi pada bulan November tahun lalu. “Saya marah dengan orang-orang yang menggeneralisasi dan berbicara tanpa didasari pengetahuan. Berpikir bahwa semua Muslim adalah teroris adalah sebuah ketidaktahuan dan sikap tidak hormat”, katanya.

Ilham memulai karir sepakbolanya di klub Sporting de Palma, tetapi kemudian dia melakukan lompatan ke klub Collerense. Dia telah berada di klub ini selama 3 musim. Di sana, dia bermain sebagai pemain sayap, posisi yang sempurna untuk mengembangkan kelebihannya. “Saya sangat suka melepaskan tendangan lambung, melakukan dribbling yang indah, dan melakukan assist yang kelihatannya mustahil untuk dilakukan”, kata pengagum Ronaldinho Gaucho sekaligus penggemar Real Madrid. “Saya tidak melewatkan satu pertandingan (Real Madrid) pun”, katanya.

Musim ini bukanlah menjadi musim yang mudah bagi Ilham maupun rekan rekannya di Collerense. Untuk sementara, klubnya menempati posisi terakhir klasemen Superliga Femenina. Setelah ditinggalkan pemain andalannya, Patri Guijarro (yang bergabung dengan Barcelona) dan Maitane Lopez Millan (bergabung dengan Levante), tim ini nampaknya kesulitan untuk merangkak ke posisi yang lebih tinggi.

“Tim ini terbiasa menderita, tetapi kami tahu bahwa kompetisi liga masih sangat panjang dan semuanya masih akan ditentukan. Kami bersatu dan itulah yang penting. Musim lalu, kami “terselamatkan” (dari degradasi) pada pekan terakhir dan target kami adalah bertahan di divisi utama”, kata la jabata (julukan yang diberikan oleh rekan rekan satu timnya, yang berarti “si pemberani) bernomor punggung 9 ini.

Perempuan keturunan Maroko ini sangat mengetahui bahwa dirinya harus meninggalkan pulau Mallorca dan bahkan Spanyol tetapi saat ini, hal itu adalah sebuah mimpi. Saat ini dia masih terus mengembangkan dirinya. Dia akan mulai menjalani kursus untuk menjadi petugas search and rescue serta akan mencari pekerjaan paruh waktu yang memungkinkannya bebas bekerja di siang hari. Dan pada akhir pekan, dia berkonsentrasi penuh untuk bermain sepak bola.

Bekerja adalah satu keharusan bagi para pesepakbola di klub Collerense karena para pemain tidak mendapatkan gaji. Pada semua pertandingan yang dimainkan tim ini di Barcelona, Valencia dan Madrid, sebagian besar pemain bangun pada pukul 4:30 pagi untuk menuju bandara, naik pesawat, bermain dan kembali ke Mallorca agar dapat tiba di rumah pada pukul 21.00 untuk kemudian belajar atau bekerja pada hari berikutnya.


Sumber: marca.com dan laliga.es

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s