Saatnya Juara, Chicago Red Stars!


Chicago Red Stars menjalani musim fantastis di 2015, berhasil menjadi runner-up klasemen liga dan menjadi klub pertama yang mematahkan rekor-tak-terkalahkan Seattle Reign musim lalu adalah sala satu kunci Christen Press dan kawan-kawan untuk bermimpi lebih jauh lagi musim ini.

Ya! Ini adalah saat yang tepat bagi Bintang Merah dari Chicago ini untuk menjadi juara baru NWSL! Tahun ini skuad besutan Rory Dames mendapat “suntikan moriil” dari berbagai pihak di luar tim.

Sky Blue FC @ Chicago Red Stars NWSL Soccer 05.02.15 (Photo by Daniel Bartel)

 

Salah satunya adalah dari klub MLS yang berdomisili di kota yang sama, Chicago Fire. Musim ini Red Stars akan menggunakan stadion yang sama dengan Fire yakni Toyota Park.

Hal ini akan sedikit banyak berpengaruh pada penampilan Red Stars mengingat beberapa tahun ke belakang mereka hanya bermain di lapangan milik Benedictine University. Selain itu beberapa sponsor baru juga datang untuk menyokong klub yang berdomisili di “Windy City” ini.

Musim ini, Rory Dames juga akan semakin menegaskan identitas klub yang gemar mengoleksi pemain-pemain muda. Tercatat ada 7 pemain baru yang didapatkan via college draft 2016 yang akan menjadi tumpuan baru dalam tim.

Filosofi pemainan cepat dan spartan Rory Dames dapat lebih atraktif lagi musim ini, walau Penulis sendiri sedikit khawatir akankah langkah mulu mereka untuk juara tak terganggu dengan absennya beberapa pemain senior?

Tentu minimnya jam terbang pemain-pemain Red Stars dapat menjadi batu sandungan tersendiri bagi Rory Dames. Semoga saja kembali ada kejutan dari skuadnya musim ini.

 

Player Of The Club : Julie Johnston

Salah satu talenta yang diasah Rory Dames adalah Julie Johnston. JJ, sapaan akrabnya, melejit sejak masuk ke tim dua tahun lalu dan berhasil menembus skuad utama Red Stars dan tim nasional perempuan Amerika Serikat.

Postur ideal yang dimiliki membuatnya kerap memenangkan duel-duel udara dengan lawan. Kemampuan mencetak gol melalui headernya juga membantu dalam memecahkan kebuntuan klub di situasi set-piece seperti corner kick dan free kick.

Julie-Johnston-1

Walau terbilang pemain muda, tunangan Zach Ertz ini sudah memiliki pengalaman internasional yang mumpuni baik di tim nasional junior dan yang terbaru ikut ambil bagian dalam memastikan gelar juara dunia ketiga bagi Amerika Serikat.

Selama di Red Stars Johnston juga mendapat bimbingan dari para seniornya seperti Lori Chalupny, Shannon Boxx, dan Michelle Wenino. Kini Johnston harus dapat menularkan ilmu yang didapatkan kepada junior-juniornya seperti Arin Gilliland dan Sarah Gorden.

Nama Lengkap : Julie Beth Johnston

Posisi : Bek Tengah

Tempat Tanggal Lahir : Meza, Arizona, 6 April 1992

Klub Sebelumnya : – , klub di kampus sebelum menjadi pemain profesional adalah Santa Clara Broncos (Santa Clara University)

 

Statistik 2015

Posisi di klasemen : 2 (dari 9 klub)

8 kali Menang – 9 kali Seri – 3 kali Kalah = 33 Poin

Memasukan 31 Gol – Kemasukan 22 Gol

Rekor Kandang : 3 Kemenangan – 6 Hasil Seri – 1 Kekalahan

Rekor Tandang : 5 Kemenangan – 3 Hasil Seri – 2 Kekalahan

 

Prediksi Line-Up 2016

Masih mengandalkan pemain-pemain muda, Rory Dames tahun ini memiliki All-American players dalam tim; 20 pemain yang didaftarkan kepada otoritas liga. Alyssa Naeher yang diboyong dari Boston Breakers akan menjadi penjaga gawang utama menggantikan peran Karina LeBlanc yang pensiun.

Deretan pemain muda di lini belakang akan menjadi ujian tersendiri. Arin Gilliland yang menjadi new comer musim lalu bermain stabil dan membantu Red Stars mengamankan poin ketika Julie Johnston dan Lori Chalupny berpetualang di Kanada bersama tim nasional.

Johnston sendiri akan kembali menjadi jenderal di lini belakang mengingat pensiunnya Chalupny dan Michelle Wenino awal tahun ini. Samantha Johnston dan Sarah Gorden akan melengkapi kuartet lini belakang Red Stars.

amanda-dacosta

Di lini tengah Vanessa Di Bernardo dan Danielle Colaprico akan menjadi poros utama tim. Kedatangan eks pemain Liverpool Ladies, Amanda Da Costa dinilai akan menambah daya gedor Red Stars musim ini.

Amanda yang memiliki dual-citizenship (Amerika Serikat dan Portugal) ini telah mendapat pujian positif dari Dames dalam beberapa uji coba di pre-season. Skema 4-3-3 yang digunakan Dames akan dilengkapi dengan kehadiran trio Sofia Huerta, Jen Hoy, dan Christen Press.

Nama terakhir tampil konsisten bersama tim nasional perempuan Amerika Serikat selama satu-dua tahun terakhir. Sementara Huerta yang jadi “rebutan” Amerika Serikat dan Meksiko adalah striker muda potensial masa depan. Huerta sendiri telah mencatatkan 6 gol dan 3 assist musim lalu.

Selain itu beberapa nama di bangku cadangan juga dapat membantu Red Stars lebih siap untuk menjalani musim yang panjang ini. Diantara nya nama senior seperti eks gelandang Portland Thorns, Michelle Comeau.

Nama Klub : Chicago Red Stars

Didirikan pada : 2007

Prestasi Terbaik : Peringkat 1 klasemen WPSL 2011 dan menjadi runner-up di Championship, dan menjadi juara di Championship WPSL Elite 2012.

Stadion Kandang (Kapasitas) : Toyota Park di Bridgeview, Illinois (20.000)

Pelatih : Rory Dames

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s