Siap Pertahankan Gelar, Kansas?


FC Kansas City menjadi salah satu tim terkuat dalam percaturan sepakbola perempuan Amerika Serikat saat ini. Bayangkan saja sejak berdiri pada 2012 dan mengikuti NWSL sejak musim perdananya, 2013, tim yang dijuluki The Blues ini selalu berhasil mengamankan posisi play-off untuk Championship dan berhasil menjadi juara dalam dua edisi liga terakhir. Hal itu tak terlepas dari sosok pelatih bertangan dingin asal Makedonia, Vlatko Andonovski.

FCKC_Starting_Lineup_8-1-15-610x400

Penulis sendiri menunggu kejeniusan Vlatko dalam meracik tim musim ini, kendati ditinggal sosok sentral lini tengah Lauren “The Chensaw” Holiday yang pensiun usai mengantar tim nasional perempuan Amerika Serikat meraih gelar juara dunia tahun 2015 lalu.

Meski demikian tim ini tetap bertabur bintang karena dapat mendatangkan beberapa bintang seperti Tiffany McCarthy dan Sydney Leroux. Nahasnya, nama terakhir yang juga salah satu anggota skuad USWNT tidak dapat bermain penuh di musim ini karena sedang hamil anak pertamanya.

Leroux kemungkinan akan ikut berpesta dengan FC Kansas City kalau-kalau tim ini kembali masuk dalam play-off dan melenggang mulus hingga partai final.

 

 

Player Of The Club : Amy Rodriguez

Vlatko mempercayakan dirinya kepada sejumlah pemain gaek nan berpengalaman seperti Amy Rodriguez yang telah dua kali mengantarkan tim ini juara. Ibu dua anak ini sebenarnya sempat “terbuang” dari Seattle Reign di awal musim 2013 karena cidera berkepanjangan, sebelum akhirnya eks penggawa Boston Breakers tersebut melewatkan musim inagurasinya bersama Reign.

Amy-Rodriguez-celebrates-FCKC-2015-556x300

Cerita berbalik dua musim berselang, Amy menjadi mimpi buruk Reign di final September 2015 lalu dengan sebuah gol tunggal yang mengantarkan FC Kansas City meraih gelar keduanya.

Amy merupakan salah satu striker bertipe klasik yang dapat memanfaatkan peluang sekecil apapun. Sosok targetwoman yang tak terlalu banyak membuka ruang namun berperang sebagai “dinding pemantul” ini adalah salah satu striker favorit Penulis.

Nama Lengkap : Amy Joy Rodriguez

Posisi : Striker

Tempat Tanggal Lahir : Lake Forest, California, 17 Februari 1987

Klub Sebelumnya : Boston Breakers

 

Statistik 2015

Posisi di klasemen : 3 (dari 9 klub)

9 kali Menang – 5 kali Seri – 6 kali Kalah = 32 Poin

Memasukan 32 Gol – Kemasukan 20 Gol

Rekor Kandang : 5 Kemenangan – 3 Hasil Seri – 2 Kekalahan

Rekor Tandang : 4 Kemenangan – 2 Hasil Seri – 4 Kekalahan

 

Prediksi Line-Up 2016

Nicole Barnhart akan tetap menjadi penjaga gawang utama tim ini, kendati Katelyn Rowland juga tampil fantastis sebagai pelapisnya. Britanny Taylor yang menjadi salah satu penggawa baru Kansas untuk musim ini akan menemani kapten baru tim nasional perempuan Amerika Serikat, Becky Sauerbrunn di jantung pertahanan tim.

Amanda Frisbie dan bek muda asal Selandia Baru, Katie Bowen menjadi muka-muka lama yang akan tetap memperkuat lini belakang Kansas.

notts-county-ladies-vs-chelsea-desiree-scott

Lini tengah FC Kansas City mungkin akan sedikit hampa tanpa kehadiran Lauren Holiday. Namun cepat atau lambat posisi gelandang bertahan tersebut dapat digantikan oleh Desiree Scott yang kembali ke Kansas City setelah menghabiskan kariernya beberapa tahun ke belakang bersama tim elit asal Inggris, Notts County Ladies FC.

Peran Scott akan disokong oleh gelandang jangkung, Yael Averbuch serta Heather O’Reilly dan Erika Tymrak yang beraksi dari kedua sisi sayap lini kedua Kansas.

Menarik untuk melihat persaingan di lini depan untuk melengkapi skema 4-4-2 yang biasa dipakai Vlatko. Sedikit permasalahan datang ketika Sydney Leroux absen karena kehamilan anak pertamanya, lantas siapa yang akan menemani Amy Rodriguez di lini depan?

Kabar terbaru justru menyebutkan bahwa Rodriguez juga sedang hamil anak kedua sehingga ia tak ikut dalam training camp kala USWNT menjalani persiapan ke Olimpiade. Vlatko terpaksa memanfaatkan “striker kelas dua” yakni Frances Silva dan Tiffany McCarthy untuk keseluruhan musim ini.

Disamping beberapa pemain muda yang didapatkan via college draft seperti Alexa Newfield dan Alex Arlitt.

Nama Klub : FC Kansas City

Didirikan pada : 2012

Prestasi Terbaik : Juara NWSL tahun 2014 dan 2015

Stadion Kandang (Kapasitas) : Swope Soccer Village (3.557)

Pelatih : Vlatko Andonovski

One thought on “Siap Pertahankan Gelar, Kansas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s