Pertandingan pertama Grup B UEFA European Women’s U-19 Championship 2016 digelar Rabu (20/7) dini hari WIB. Laga besar langsung tersaji kala Spanyol bertemu Jerman di stadion milik FK Senica di kota Senica. Anak asuh Pedro López berhasil menang tipis atas pengkoleksi 4 gelar UEFA European Women’s U-19 Championship. Jerman sebenarnya mengancam lebih dulu di menit kedua melalui Lina Hausicke, sayang tendangannya dapat di blok oleh barisan pertahanan Spanyol. Semenit berselang giliran Andrea Sánchez yang mengancam gawang Jerman, namun kiper Lena Pauel masih dapat mengamankan gawangnya.

Skuad ‘La Rojita’ yang didominasi para pemain yang menjadi runner-up Piala Dunia Perempuan U-17 2014 lalu mengancam melalui Aitana Bonmati dan Beatriz Beltrán, sementara Jerman yang mengandalkan gelandang Nina Ehegötz dan Lea Schüller masih kesulitan menembus benteng pertahanan yang dikomandoi pemain baru FC Barcelona, Nuria Garrote. Babak pertama cukup sengit kendati menghasilkan skor kacamata alias 0-0 hingga penghujung babak pertama.

Sepanjang pertandingan Spanyol tampil dominan dengan 15 kesempatan dengan 5 tendangan on-target, sementara Jerman hanya 1 dari 11 kesempatan. Di awal-awal babak kedua pelatih Maren Meinert memasukkan bek Frankfurt, Melissa Friedrich, untuk menggantikan Michaela Specht yang bermain di posisi yang sama. Jerman yang bermain dengan tempo lambat justru semakin terbawa suasana. Winger Real Sociedad, Nahikari García, berhasil memecah kebuntuan Spanyol di menit ke-62. Menerima umpan Andrea Sánchez dari sisi kiri, sang kapten berhasil membobol gawang Pauel yang tampil gemilang sepanjang laga. Gol Nahiki menjadi gol satu-satunya di laga ini.

Hasil Lainnya : Gulung Austria, Swiss Pimpin Grup B

4
Cinzia Zehnder (no. 13. dipeluk oleh no. 11 – Yara Hoffmann) melanjutkan kegemilangannya sejak di babak kualifikasi | sumber foto: uefa.com

Swiss memenangkan laga pertama mereka di Grup B dan memiliki modal bagus untuk melawan Spanyol di laga selanjutnya. Anak asuh Nora Häuptle unggul tipis di babak pertama melalui gol gelandang FC Zürich, Cinzia Zehnder di babak pertama. Sejam laga berjalan pemberi assist Zehnder, Naomi Mégroz, mencatatkan namanya di papan skor. Swiss menjauh di menit ke-77 melalui sepakan terukur Lara Jenzer sebelum Zehnder mencatatkan brace-nya di menit ke-88 untuk menyegel kemenangan La Nati.

Advertisements