#WU19EURO Tuan Rumah Takluk dari De Oranje


Kompetisi UEFA European Women’s U-19 Championship 2016 atau akrab disebut sebagai “EURO” nya Women’s U-19 digelar di Slovakia per Selasa (19/9) malam WIB. Tuan rumah Slovakia langsung menghadapi tim kuat Belanda di stadion National Training Centre di kota Senec. Kedua tim masih meraba kekuatan lawan masing-masing, hingga menit ke-23 tim tamu memecahkan kebuntuan.

Berawal dari pelanggaran Terézia Kulová terhadap Suzanne Admiraal di kotak terlarang, wasit Ivana Martinčić asal Kroasia memberikan penalti terhadap Belanda. Top skorer Belanda di babak kualifikasi, Sippie Folkertsma, berhasil menundukkan kiper Veronika Matušková dan membawa Oranje Leeuwinnen unggul 1-0. Belanda kembali unggul di menit ke-37, kali ini Admiraal sukses memberikan umpan kepada Jill Roord untuk membawa Belanda semakin menjauh. Tuan rumah terpaksa bermain lebih bertahan, untuk menghindari gol-gol selanjutnya dari lini tengah Belanda yang agresif dibawah komando kapten Michelle Hendriks. Namun naas, permainan super defensive tersebut akhirnya memaksa Stephanie Deszathová membuat tim tamu kembali menjauh. Ia salah mengantisipasi bola umpan Soraya Verhoeve dan bola pun masuk ke gawang Matušková. Skor 3-0 berakhir di babak pertama.

1
Jill Roord membuktikan diri kala Belanda menang besar melawan Slovakia | sumber foto: uefa.com

Striker muda FC Twente, Jill Roord, tampil mempesona pada pertandingan sore waktu setempat. Kerjasama apiknya bersama Admiraal membuat Belanda semakin menjauh di menit ke-57. Roord kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membukukan hattrick perdana di kompetisi tahun ini setelah menerima umpan dari Pleun Raaijmakers yang masuk di awal babak kedua di menit ke-74. Sebelumnya, Belanda mencetak gol kelimanya melalui sang kapten, Michelle Hendriks, di menit ke-69 usai mengkonversi tendangan sudut Ten Westeneind melalui sundulan kepala. Belanda menang 6-0 dan menjadi pemuncak Grup A untuk sementara waktu.

Hasil Lainnya : Norwegia Kejutkan Prancis

2
Para pemain Norwegia melakukan selebrasi usai menang tipis atas Prancis | sumber foto: uefa.com

Di luar dugaan Prancis harus takluk dari Norwegia di Štadión FC ViOn di kota Zlate Moravce pada pertandingan pertama Grup A UEFA European Women’s U-19 Championship 2016. Anak asuh Nils Lexerød langsung mengancam di menit pertama lewat Vilde Fjelldal, namun kiper Prancis Mylène Chavas masih dapat mengamankannya. Naas bagi kubu Estelle Cascarino dan kawan-kawan, sejak menit ke-22 mereka harus bermain dengan 10 orang karena bek Paris FC, Hawa Sissoko, menerima kartu merah akibat melanggar Siw Døvle.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang di menit ke-36 usai Katrine Jørgensen dengan sempurna menyundul bola umpan sang kapten Nora Lie via tendangan sudut. Gol Jørgensen menjadi gol satu-satunya hingga wasit Eszter Urban asal Hungaria meniupkan peluit panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s