5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Cabang Sepakbola Putri Olimpiade Rio 2016


Pesta Sepakbola di tahun ini belum usai! Setelah dimanjakan dengan dua turnamen besar yang berada di dua benua berbeda, EURO 2016 di Prancis dan Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat, kini mata khayalak pecinta sepakbola akan menuju kota Rio de Janeiro di Brasil. Olimpiade musim panas akan melangsungkan dua cabang sepakbola; putra dan putri yang juga patut ditonton. Sementara di cabang putra berisi persaingan para pemain muda, cabang putri berisi persaingan tim-tim senior yang tak kalah seru dengan Piala Dunia Perempuan FIFA di Kanada tahun lalu. Mari simak sajian berikut ini!

1. Jadwal dan Data Kompetisi

Cabang sepakbola putri Olimpiade musim panas Rio de Janeiro 2016 akan dilangsungkan pada 3 – 19 Agustus waktu setempat. Pembaca dapat menyaksikan serangkai pertandingan pada malam hingga pagi hari waktu Indonesia baik melalui siaran televisi (jika pertandingan sepakbola putri ditayangkan oleh SCTV dan Indosiar selaku pemegang hak siar resmi Olimpiade Rio 2016) atau melalui streaming gratis.

1

12 Tim yang akan bertanding di ajang kali ini mewakil 6 benua yakni tuan rumah Brasil, Australia dan Tiongkok yang mewakili Asia, peraih medali emas Olimpiade London 2012 Amerika Serikat dan Kanada mewakili Amerika Utara dan Tengah, Kolombia sebagai duta Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Zimbabwe dari Afrika, Selandia Baru mewakili Oseania dan Jerman, Prancis dan Swedia yang mewakili Eropa.

Kompetisi akan dihelat di 6 kota penyelenggara di seantero Brasil yakni Belo Horizonte, Brasília, Manaus, Salvador, São Paulo dan kota tuan rumah Olimpiade musim panas 2016, Rio de Janeiro. 7 stadion dari enam kota penyelenggara tersebut akan digunakan, dengan Stadion Maracanã di kota Rio de Janeiro sebagai venue dihelatnya laga final.

2. Ajang Ujicoba Pergantian Keempat

Beberapa tahun terakhir sepakbola mengalami banyak kemajuan, terutama dalam hal pembaruan aturan dan penggunaan teknologi teranyar. Kita telah melihat wasit keempat dan kelima dalam pertandingan UEFA Europa League dan UEFA Champions League, pengunaan kartu hijau untuk pemain fair play yang diterapkan di Serie B, penggunaan Goal-Line Technoloy (GLT) dengan sistem kamera Hawk Eye di Piala Dunia FIFA Brasil 2014 dan Piala Dunia Perempuan FIFA Kanada 2015, serta yang teranyar beberapa aturan pertandingan baru, seperti aturan kick-off kemana saja (selama ini hanya boleh ke depan) yang mulai diterapkan pada Piala Eropa 2016.

1

Dilansir situs resmi FIFA atas persetujuan dengan IFAB (International Football Association Board) pada Maret 2016 lalu, ajang Olimpiade musim panas yang akan dilaksanakan di Rio de Janeiro 2016 ini akan menjadi ajang ujicoba untuk melakukan pergantian pemain keempat. Seperti yang kita ketahui, selama ini pergantian pemain dalam sebuah pertandingan resmi dibawah FIFA hanya diperbolehkan maksimal tiga pergantian saja. Namun, pergantian keempat ini hanya diperbolehkan jika pertandingan memasuki babak tambahan atau extra-time saja. Praktis di ajang ini, pergantian keempat tersebut baru dapat dilihat di babak knock-out, itu pun jika ada pertandingan berakhir seri selama waktu normal 2 x 45 menit.

3. Ketentuan Skuad di Cabang Sepakbola Putri

Jika cabang sepakbola putra di Olimpiade diperuntukan untuk pemain muda (tahun ini ketentuannya pemain lahir pada atau sesudah 1 Januari 1993 plus pengecualian untuk pemain over-aged maksimal 3 pemain), cabang sepakbola putri di Olimpiade tidak memiliki. Berkaitan dengan pemberlakuan pergantian pemain keempat, nampaknya akan membawa efek positif bagi perhelatan cabang sepakbola baik putra maupun putri karena setiap negara hanya diperbolehkan membawa 18 pemain saja dalam skuad mereka (2 diantaranya wajib penjaga gawang.)

1

Khusus untuk sepakbola putri tim juga dapat mendaftarkan 4 nama di luar skuad sebagai alternate players, dimana mereka dapat masuk ke dalam skuad jika salah satu pemain di dalam skuad cedera parah dan tidak dapat melanjutkan kompetisi. Maka Olimpiade, khususnya di cabang sepakbola puteri, sebenarnya lebih prestisius ketimbang Piala Dunia Perempuan karena ketatnya persaingan untuk menjadi atlit yang berlaga di Olimpiade.

4. Proses Kualifikasi

Sama seperti halnya kompetisi resmi di bawah otoritas FIFA, Olimpiade tidak mengenal istilah juara bertahan otomatis untuk lolos ke Olimpiade berikutnya (kecuali jika juara bertahan menjadi sekaligus tuan rumah Olimpiade.) Tiap konfederasi menggelar babak kualifikasi Pra-Olimpiade, kecuali Piala Dunia Perempuan yang selalu menjadi acuan untuk memilih tim dari benua Eropa yang memiliki pencapaian terbaik. Uniknya, Inggris yang menjadi peringkat ketiga Piala Dunia Perempuan FIFA Kanada 2015 lalu tidak dapat mengikuti Olimpiade musim panas Rio de Janeiro 2016 ini.

Pasalnya komite olimpiade yang dimiliki bukan atas nama Inggris melainkan atas nama Kerajaan Britania Raya, yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Kita harus menunggu salah satu kota di Britania Raya ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade untuk menyaksikan tim ini berlaga kembali seperti di London 2012 silam, menyusul negosiasi yang dilakukan oleh Komite Olimpiade Britania Raya untuk menuntut hak berlaga di Olimpiade musim panas Rio de Janeiro 2016 gagal.

1

Jatah Inggris kemudian dialihkan kepada Jerman yang menempati peringkat keempat di Piala Dunia Perempuan FIFA Kanada 2015 dan Prancis yang menjadi negara Eropa perempatfinalis di ajang tersebut. Sementara Swedia harus menjalani laga kualifikasi bersama Belanda, Norwegia dan Swiss yang sama-sama gugur di babak 16 Besar Piala Dunia Perempuan FIFA Kanada 2015. Swedia memuncaki klasemen turnamen antar empat negara ini untuk merebut tiket terakhir ke Rio de Janeiro.

5. Grup F menjadi Grup ‘Neraka’

12 negara yang akan bertanding di cabang sepakbola putri Olimpiade musim panas Rio de Janerio ini dibagi ke dalam 3 grup. Grup E diisi oleh tuan rumah Brasil, bersama Swedia, Tiongkok dan Afrika Selatan. Grup F terdapat Australia, Jerman, Kanada dan Zimbabwe. Grup ini sendiri menjadi Grup Neraka karena tiga negara pertama merupakan negara yang memiliki tradisi bagus dan tim yang kuat di percaturan sepakbola perempuan dunia, namun bisa saja Zimbabwe menyeruak sebagai kekuatan tak terduga untuk merusak percaturan yang ada. Sedang Grup G terdapat juara bertahan Amerika Serikat, Kolombia, Prancis dan Selandia Baru.

1

Dua tim teratas masing-masing grup akan lolos bersama dengan dua peringkat tiga terbaik ke babak perempat final, kompetisi berlanjut ke babak knock-out hingga laga final pada 19 Agustus 2016 (atau 20 Agustus pagi waktu Indonesia) yang akan dihelat di stadion yang juga menjadi venue laga final Piala Dunia Brasil 2014 lalu, Stadion Maracanã.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s