Wonderkid Jerman Yang Menjanjikan Di Frauen Bundesliga Part 1


Musim ini Frauen Bundesliga sudah memasuki pekan ke-8, well Frauen Bundesliga seperti beberapa tahun sebelumnya selalu melahirkan pemain muda Jerman berbakat, dan akan selalu ketat persaingan dari 12 tim. Bahkan beberapa diantaranya sudah pernah memperkuat senior timnas Jerman. Berikut pemain-pemain muda di sepakbola wanita Jerman yang patut anda cermati:

1. Dzsenifer Marozsan

Tidak perlu diragukan lagi pemain kelahiran Budapest, Hongaria, 18 April 1992 ini menjadi salah satu pemain muda yang paling menjanjikan di Frauen Bundesliga. Lahir di Hongaria, namun Marozsan sudah memperkuat timnas Jerman sejak di level U15, ia merupakan anak dari eks pemain FC Saarbrucken Janos Marozsan pada era 90an.

Tahukah anda, Marozsan adalah pemain termuda yang memulai debut profesional di Bundesliga tepatnya pada usia 14 tahun 7 bulan, dan pencetak gol termuda di Bundesliga pada usia 15 tahun 4 bulan saat ia masih memperkuat FC Saarbrucken. Ia berposisi sebagai winger, namun terkadang ia bisa menjadi striker.

Marozsan bergabung dengan FFC Frankfurt pada tahun 2009 usai mengantarkan Saarbrucken promosi ke Frauen Bundesliga. Prestasi individunya adalah menjadi top skor di Piala Dunia Wanita U17 pada tahun 2008 disamping meraih Silver Ball dengan mencetak 6 gol, plus golden ball pada Piala Dunia Wanita U20 2012 di Jepang meskipun Jerman takluk dari AS di final. Pada Oktober 2010 lalu, Marozsan memulai debutnya bersama timnas senior Jerman saat menghadapi Australia dan gol perdananya ia buat saat menghadapi Turki pada Februari 2012.

Bersama Frankfurt, Marozsan mengantarkan klub asal Hessen tersebut meraih gelar DFB Pokal pada musim 2010/2011. Sayangnya sebelum Piala Dunia Wanita 2011 ia mengalami cedera MCL di lutut kanannya. Tahun ini ia juga mengantarkan Jerman menjuarai Piala Eropa 2013 di Swedia untuk ke 8 kalinya atau 6 kali secara beruntun. Ia menjadi pahlawan kemenangan Jerman atas tuan rumah Swedia saat babak semifinal.

 

2. Alexandra Popp

Striker Alexandra Popp ternyata pernah diminati oleh Olympique Lyon pada tahun 2008 silam, saat ia masih memperkuat FFC Recklinghausen. Namun, saat itu ia memilih bergabung dengan FCR 2001 Duisburg dimana ia pernah menaklukkan Lyon pada UEFA Women Cup tahun 2009 lalu dan menjadi jawaranya, kemudian meraih DFB Pokal pada tahun 2010. Kemudian tahun 2012 lalu ia memilih bergabung dengan VfL Wolfsburg sekalipun Goteborg FC meminatinya. Bersama VfL Wolfsburg, Popp membantu Wolfsburg menciptakan sejarah sekaligus meraih treble winners untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, bahkan di Liga Champions saja Wolfsburg mampu menundukkan Lyon dalam waktu normal pada musim lalu. Di lini depan Wolfsburg, Poppi sering dipasangkan dengan Martina Mueller, Conny Pohlers atau Jovana Damnjanovic.

Di level timnas, pemain kelahiran Witten, 6 April 1991 ini memperkuat timnas Jerman sejak level U17 dan pada Piala Dunia U20 2010 di Jerman ia menjadi top skor plus meraih golden ball. Debut perdana di timnas senior Jerman ia buat saat menghadapi Korea Utara pada Februari 2010 silam, dua gol perdananya ia buat saat Algarve Cup 2010 saat Jerman menang 7-0 dari Finlandia.

Pada Piala Dunia 2011 di Jerman, Alex Popp merupakan pemain termuda di skuad Jerman, tapi Jerman hanya mampu menembus babak perempatfinal usai takluk dari Jepang. Namun sayangnya sebelum Piala Eropa 2013 di Swedia, Alexandra Popp gagal tembus skuad utama Jerman karena mengalami cedera engkel yang ia alami saat Wolfsburg menjuarai Liga Champions Wanita untuk kali pertama pada musim lalu di Stamford Bridge. Popp merupakan lulusan dari Gesamtschule Berger Feld di Gelsenkirchen, almamater yang sama dengan Benedikt Hoewedes, Mesut Ozil dan Julian Draxler. Ia juga berlatih bersama pemain junior dari Schalke 04 dan satu-satunya wanita di sekolah tersebut, ia lulus dengan gelar Fachabitur.

 

3. Lyn Meyer

Lyn Meyer membuat debut sensasional bersama Vfl Wolfsburg saat Die Wolfinnen membuat rekor di Liga Champions Wanita. Saat menundukkan wakil Estonia Parnu dengan skor 13-0, striker berusia 19 tahun ini langsung mencetak hat trick pada debut perdananya di Liga Champions dan membuat Wolfsburg lolos ke 16 besar dengan rekor agregat tertinggi disemua kompetisi UEFA yaitu 27-0. Pemain kelahiran Wolfenbuttel, 21 November 1994 ini sebenarnya merupakan produk akademi Turbine Potsdam, kemudian bergabung dengan Lok Leipzig pada tahun 2011-2012 lalu bergabung dengan Wolfsburg pada tahun 2012.

 

4. Pauline Bremer

Winger kelahiran Ossenfeld, 10 April 1996 ini mengawali karier profesionalnya dari Turbine Potsdam sejak 2012 lalu. Musim ini ia sudah mencetak 3 gol untuk Turbine Potsdam di Frauen Bundesliga, Bremer mengawali level Internasionalnya dari level U-15. Di level U-17, Bremer membawa Jerman menjuarai Kejuaraan Eropa tahun 2012 silam di Swiss melalui adu penalti mengalahkan Perancis 4-3. Di Piala Dunia U17 di Azerbaijan tahun lalu, Jerman hanya berada diurutan ke 4. Saat ini ia memperkuat U-19 Jerman, sayangnya tahun ini U-19 Jerman hanya sampai babak semifinal usai kalah dari Perancis 2-1, meskipun Jerman meraih tiket Piala Dunia Wanita U-20 di Kanada tahun depan. Di Potsdam ia dipasangkan dengan Julia Simic dan Lia Walti di lini tengah.

 

5. Jennifer Cramer

Bek yang satu ini juga mengawali karier profesionalnya bersama Turbine Potsdam sejak tahun 2010 lalu hingga saat ini. Di Potsdam, Cramer membawa tim tersebut menjuarai Frauen Bundesliga sebanyak dua kali secara beruntun dari tahun 2011 hingga 2012. Di level internasional, Cramer mengawalinya dari level U-17. Pada Piala Dunia Wanita U-17 2010 lalu Jerman hanya tembus babak perempatfinal, lalu pada Piala Dunia U-20 tahun lalu di Jepang, Jerman hanya menjadi runner up usai takluk dari AS 1-0. Bek kelahiran Frankenberg (Eder), 24 Februari 1993 ini mengawali debut timnas senior saat menghadapi Norwegia di Algarve Cup pada 11 Maret 2013 lalu. Kemudian saat Euro 2013 di Swedia, Cramer menjadi pilihan utama Silvia Neid di lini belakang Jerman pasca cederanya Babett Peter dan terbukti Jerman menjuarai Euro 2013 untuk kali ke 8 atau ke 6 kalinya secara beruntun.

 

6. Luisa Wensing

Bek kiri yang satu ini mengawali kariernya di FCR 2001 Duisburg pada tahun 2009 hingga 2012, karier di Frauen Bundesliga dimulainya pada 17 Oktober 2009 saat menahan imbang Turbine Potsdam 2-2. Bersama Duisburg, Wensing merasakan gelar DFB Pokal pada tahun 2010 usai menundukkan Jena 1-0 di final. Bersama Alexandra Popp, bek kelahiran Goch, 8 Februari 1993 ini bergabung bersama VfL Wolfsburg pada tahun 2012 dan musim lalu membantu Wolfsburg meraih treble winners. Karier internasional diawali dari level U-15, bahkan di level U-19 Wensing membantu U-19 Jerman meraih gelar Piala Eropa U-19 di Italia. Sayangnya saat Piala Dunia Wanita U-20 tahun lalu Jerman hanya menjadi runner up. Debut di timnas senior diawalinya saat Algarve Cup 2012 lawan China pada 2 Maret 2012 silam, gol perdananya saat Jerman menundukkan Kroasia 4-0 di kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015 30 Oktober lalu. Wensing juga termasuk dalam skuad Jerman di Euro 2013 saat menjuarai Piala Eropa yang ke 8.

 

7. Lina Magull

Winger kelahiran Dortmund, 15 Agustus 1994 ini mengawali karier profesionalnya dari FSV Guttersloh pada tahun 2009. Ia membantu Guttersloh promosi ke Frauen Bundesliga musim lalu sebelum akhirnya bergabung dengan VfL Wolfsburg. Magull juga membantu Wolfsburg meraih treble winners pada musim lalu, hingga saat ini Lina Magull mengoleksi 4 gol di Wolfsburg, ia juga mencetak hat trick saat Wolfsburg menghajar Parnu 14-0 pada leg pertama 32 besar UWCL. Magull mengawali level internasional dari U-15. Pada U-17 Euro 2011, Magull bersama Annabel Jaeger menjadi top skor saat Jerman meraih peringkat ketiga. Saat ini Magull menjadi mesin gol di U-19 Jerman. Terbukti dari 17 caps bersama U-19 Jerman, Magull mencetak 11 gol. Di U-20 Jerman, Magull mencetak 2 gol dari 8 penampilan, gol itu dibuat saat Piala Dunia Wanita U-20 tahun lalu di Jepang.

 

8. Annabel Jaeger

Gelandang kelahiran Guttersloh, 6 Januari 1994 ini juga mengawali karier profesionalnya dari FSV Guttersloh pada tahun 2009. Ketika Guttersloh promosi ke Frauen Bundesliga, Jaeger memilih bergabung dengan VfL Wolfsburg dan meraih treble winners musim lalu. Karena ingin mendapat kesempatan bermain lebih banyak, Jaeger memilih bergabung dengan klub promosi Bundesliga BV Cloppenburg pada musim ini. Saat ini Jaeger adalah kapten dari U19 Jerman, saat Euro U19 di Wales pada Agustus lalu Jerman hanya mampu meraih babak semifinal.

 

9. Leonie Maier

Nama Leonie Maier mulai muncul ketika di Piala Algarve 2013 dia terpilih sebagai pemain Jerman terbaik disepanjang turnamen Algarve Cup 2013 melalui jejak pendapat fans di situs DFB, saat itu Maier menggantikan posisi Bianca Schmidt yang mengalami cedera. Perjalanan karier bek kanan kelahiran Stuttgart, 29 September 1992 ini berawal dari VFL Sindelfingen pada tahun 2009 setelah karier juniornya bersama JSG Remseck, kemudian bergabung dengan Bad Neunahr pada tahun 2010 hingga akhir musim ini. Musim panas ini Maier bergabung dengan Bayern Muenchen setelah membela Bad Neuenahr selama 3 tahun.

Debut pertama Maier di Timnas adalah ketika Jerman menahan imbang Perancis di Strassbourg, Februari 2013, dimana pertandingan tersebut berakhir dengan kedudukan 3-3 dan saat itu ia menggantikan posisi Anja Mittag. Gol perdananya ia buat saat mengalahkan Kanada 19 Juni lalu di Paderborn dan golnya saat mengalahkan Jepang 4-2 di Allianz Arena 29 Juni lalu terpilih sebagai Goal Of The Month versi televisi Jerman ARD mengalahkan gol dari Neymar dan Andrea Pirlo, penghargaan itu menjadikan Maier sebagai peraih Goal Of The Month termuda. Maier menjadi pilihan utama Silvia Neid di starting 11 Jerman saat menjuarai Piala Eropa 2013 di Swedia, menyingkirkan Bianca Schmidt yang selama ini selalu menjadi pilihan utama di posisi bek kanan timnas Jerman.

 

10. Sarah Romert

Sarah Romert mengawali karier profesionalnya dari FC Memmingen pada tahun 2010 hingga 2011, kemudian pemain kelahiran Buxheim, 13 Desember 1994 ini bergabung dengan Bayern Muenchen hingga saat ini. Untuk karier timnas ia mengawalinya dari level U-15, saat ini Romert yang mampu bermain di posisi tengah dan bek sayap ini adalah anggota U-19 Jerman.

 

11. Laura Benkarth

Laura Benkarth bergabung dengan SC Freiburg sejak tahun 2008, dimana saat itu ia masih berada di level junior. Debut perdananya di tim utama dimulai saat Freiburg kalah 0-1 dari FF USV Jena pada 20 September 2009. Ia saat itu juga membawa U20 Jerman menjuarai Piala Dunia Wanita U20 tahun 2010 di Jerman, sayangnya dua tahun kemudian Jerman gagal di final usai kalah dari AS 0-1, meskipun Benkarth sebagai kiper terbaik pada turnamen tersebut. Pada Oktober 2012, kiper kelahiran Freiburg, 14 Oktober 1992 ini dipanggil ke timnas senior Jerman dan juga menjadi bagian dari timnas Jerman pada Euro 2013 di Swedia.

 

12. Ricarda Walkling

Ricarda Walkling bergabung dengan Bayern Muenchen sejak masih level junior pada tahun 2010 lalu. Sebelum naik kelas ke tim utama Bayern, Gelandang kelahiran 19 Maret 1997 ini membawa tim Bayern B menjuarai B Juniorinnen Frauen Bundesliga musim panas ini dengan menundukkan Guttersloh. Debut perdananya di Frauen Bundesliga dimulai pada 6 Oktober 2013 dan mencetak 1 gol saat mengalahkan BV Cloppenburg 4-2. Ia merupakan pemain timnas U17 Jerman, pada level U16 ia membawa U16 Jerman meraih gelar Nordic Cup tahun ini serta membawa U17 Jerman lolos ke putaran final U17 Euro yang akan digelar di Inggris akhir November ini, bahkan saat mengalahkan Swiss 6-0, 11 Oktober lalu Walkling mampu mencetak hat trick.

 

13. Lena Lotzen

Winger sekaligus penyerang kelahiran Wurzburg, 11 September 1993 ini mengawali karier profesionalnya bersama Bayern Muenchen pada tahun 2010. Bersama Bayern, Lena pernah merasakan gelar DFB Pokal pada tahun 2012 lalu, secara mengejutkan Bayern mempermalukan FFC Frankfurt dengan skor 2-0 di Koeln. Debutnya di Frauen Bundesliga dimulai pada 15 Agustus 2010 lalu saat melawan Herforder SV dan gol perdananya ia buat pada 28 November 2010 saat takluk 2-1 dari FCR 2001 Duisburg. Lotzen mengawali debutnya di timnas senior Jerman pada 29 Februari 2012 di Algarve Cup 2012 lawan Islandia dan gol perdananya ia buat saat mengalahkan Islandia 3-0 di partai kedua Euro 2013 di Vaxjo, Swedia.

 

14. Linda Dallmann

Striker kelahiran Dinslaken, 2 September 1994 ini mengawali karier profesionalnya dari Bayer Leverkusen pada tahun 2010, saat itu ia lebih sering bermain di tim B dari Bayer Leverkusen. Debut perdananya di Frauen Bundesliga ia buat pada 6 Maret 2011 ketika menghadapi Turbine Potsdam. Kemudian pada musim panas 2012, Dallmann bergabung dengan SGS Essen, gol perdananya ia buat pada 16 Oktober 2011 saat mengalahkan Lok Leipzig. Dallmann merupakan striker andalan U19 Jerman saat ini, dari 16 kali tampil ia sudah mencetak 7 gol untuk U19 Jerman. Musim ini ia sudah mencetak 4 gol untuk SGS Essen di Frauen Bundesliga 2013/14.

 

15. Ramona Petzelberger

Petzelberger memulai kariernya di SG Wattenscheid 09 pada tahun 2008, dari 15 kali penampilan ia mencetak 4 gol. Gelandang serang kelahiran Essen, 13 November 1992 ini hijrah ke SC 07 Bad Neuenahr pada tahun 2009 lalu, debutnya dimulai pada 20 September 2012 saat melawan Tennis Borussia Berlin dan gol pertamanya ia buat saat menghadapi SC Freiburg pada 10 Oktober 2009 lalu. Ia sebelumnya merupakan kapten dari U19 Jerman, dimana saat itu U19 Jerman menjuarai Piala Eropa U19 tahun 2011 di Italia. Ia juga kapten dari timnas U20 Jerman saat Jerman menjadi runner up di Piala Dunia Wanita U20 tahun lalu di Jepang. Sayangnya ia belum pernah dipanggil ke timnas senior Jepang. Pada tahun 2012, Petzelberger bergabung dengan Bayer 04 Leverkusen.

 

16. Kathrin Julia Hendrich

Bek kelahiran Eupen, Belgia, 6 April 1992 ini memulai kariernya di Bayer 04 Leverkusen sejak tahun 2009 lalu. Debutnya dimulai pada 15 Agustus 2010 lalu saat takluk 9-0 dari FCR 2001 Duisburg, lalu gol perdananya ia buat saat Leverkusen menghadapi Lokomotive Leipzig pada 25 September 2011. Hendrich berposisi sebagai bek tengah, tapi ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Ia memperkuat timnas Jerman dari level U15 pada tahun 2007, lalu memperkuat U19 Jerman pada tahun 2009 sampai 2011 saat Jerman menjuarai U19 Euro di Italia. Kemudian memperkuat U20 Jerman saat Piala Dunia Wanita U20 tahun lalu di Jepang, ia belum pernah dipanggil ke timnas senior Jerman.

 

17. Silvana Chojnowski

Ketika masih membela FFC Frankfurt, Silvana Chojnowski sempat mencetak gol penentuan bagi FFC Frankfurt saat menundukkan Malmo 3-0 di leg kedua perempatfinal UWCL 2011/12 lalu dan uniknya saat itu usia Chojnowski masih berusia 17 tahun pada 21 Maret 2012 silam. Musim ini, pemain kelahiran Frankfurt, 17 April 1994 ini ditransfer ke tim promosi Frauen Bundesliga TSG 1899 Hoffenheim. Chojnowski juga merupakan pemain dari U19 dan U20 Jerman.

 

18. Almuth Schult

Kiper kelahiran Dannenberg, 9 Februari 1991 ini pernah memperkuat Hamburger SV pada 2007 sampai 2008 saat masih berada di level junior. Kemudian ia bergabung dengan tim divisi dua Magdeburger FFC pada 2008 hingga 2011. Ketika dipanggil ke timnas senior Jerman pada 2011 lalu, Schult adalah satu-satunya pemain yang merumput di divisi dua Frauen Bundesliga.

Schult juga membawa U20 Jerman menjuarai Piala Dunia Wanita U20 2010 di Jerman. Kemudian pada 2011, kiper yang akrab disapa dengan Alma ini bergabung dengan  SC 07 Bad Neuenahr hingga akhir musim 2012/2013, saat Bad Neuenahr diguncang krisis finansial. Kemudian pada musim panas ini, Schult di transfer ke VfL Wolfsburg.

Debut perdana pada timnas senior Jerman ia buat saat Jerman menang 5-0 dari Turki di Kualifikasi Piala Eropa 2013, menggantikan Nadine Angerer yang cedera, bahkan 3 pertandingan tanpa kebobolan melewati rekor Nadine Angerer yang tidak mengalami kebobolan saat debut perdananya dalam 4 pertandingan.

 

19. Melanie Leupolz

Leupolz mengawali debut profesionalnya bersama SC Freiburg sejak tahun 2010. Pemain kelahirang Wangen im Allgau, 14 April 1994 ini mengawali debut Bundesliganya pada 21 Agustus 2011 saat menahan imbang Bad Neuenahr. Winger berusia 19 tahun ini membawa U20 Jerman menjadi runner up Piala Dunia U20 tahun lalu di Jepang. Sebelum dipanggil ke timnas senior Jerman, Leupolz sempat menjadi kapten U19 Jerman di kualifikasi U19 Euro. Debut perdana Leupolz untuk timnas senior adalah saat Jerman menundukkan Kanada 1-0 di Paderborn pada 19 Juni lalu dan gol perdananya ia buat saat Jerman menghajar Rusia 9-0 di Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015 September lalu.

 

20. Sara Daebritz

Daebritz bergabung dengan SC Freiburg pada awal 2012 lalu dari SpVgg Weiden, debut perdananya di Frauen Bundesliga dimulai pada 25 Maret 2012 lalu saat Freiburg menang 3-0 dari Leipzig dan mencetak gol perdana pada hari yang sama. Sebelumnya pemain kelahiran Amberg, 15 Februari 1995 ini adalah kapten dari timnas U17 Jerman saat Jerman finis di urutan 4 Piala Dunia Wanita U17 tahun lalu. Sebelum dipanggil ke timnas senior, striker sekaligus gelandang berusia 18 tahun ini mencetak gol perdana untuk U19 Jerman saat mengalahkan Swedia 1-0 pada 21 November 2012 lalu. Debut perdana Daebritz di timnas senior dimulai pada 29 Juni lalu saat Jerman menundukkan Jepang 4-2 di Allianz Arena.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s